Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Fadliansyah meminta seluruh pihak mewaspadai COVID-19 terutama varian Omicron meski pun penularannya di Kalsel masih belum ada. 

"Semua harus waspada meski sampai saat ini penularannya di Kalsel masih belum ada. Jangan sampai virusnya menyebar dan menimbulkan korban jiwa," ujarnya menanggapi penularan virus Omicron di Banjarbaru, Ahad. 

Ia mengatakan, kasus COVID-19 varian Omicron di Jakarta sudah cukup banyak dan dikhawatirkan masuk ke Kalsel lewat Kota Banjarbaru karena sebagai jalur masuk melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor. 

Disebutkan, selain melalui bandara, penyebaran virus Omicron juga bisa melalui pintu masuk lain seperti pelabuhan dan terminal angkutan darat sehingga semua potensi itu harus diantisipasi dengan baik. 

"Kami berharap, seluruh pihak terkait mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah masuknya COVID-19 khususnya varian Omicron agar tidak ada lagi kasus baru yang muncul," ucap politisi Gerindra itu. 

Dikatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Pemkot Banjarbaru melaksanakan vaksinasi bagi warganya dari semua kalangan sehingga bisa melampaui target yang ditetapkan pemerintah. 

"Kami mengapresiasi langkah pemkot memvaksinasi warganya dan jumlah yang divaksinasi melampaui target sehingga diharapkan sudah tercipta kekebalan kelompok yang mencegah penularan COVID-19," kata dia.

Sementara itu, data terkini cakupan vaksinasi hingga, Sabtu (22/1) sudah sebanyak 163.276 orang atau 83,68 persen warga yang sudah divaksinasi dari target sasaran yang ditetapkan pemerintah sebanyak 195.115 orang. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022