Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan sosialisasi terkait pengoperasian kandang elektrik kepada masyarakat luas

"Kandang elektrik, tidak seperti kandang biasa pada umumnya, kandang elektrik punya daya tarik istimewa yaitu adanya aliran listrik yang dibuat dengan memanfaatkan energi dari akumulator," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Fauraji Akbar melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Berkat di Batulicin.

Tujuan dari pada dilakukannya sosialisasi kandang elektrik ini berguna untuk menjaga ternak petani tidak keluar kandang atau diluar pengawasan petani sehingga mampu terpelihara secara baik.

Sengatan atau aliran listrik kecil ini akan timbul melalui tegangan dan arus listrik dari penyerapan energi yang dihasilkan aki dalam sebuah sirkuit atau rangkaian. Tegangan dari aliran listrik yang timbul akan menghasilkan sengatan listrik di sekitaran kandang sehingga membuat para ternak tetap aman berada di dalam kandangnya.

Elektrik (Aliran listrik) yang ada akan membuat ternak seperti sapi akan mendapat sengatan kecil saat mencoba keluar dari kandang sehingga dampak kejutan tersebut akhirnya dapat menghindarkan sapi itu kabur dari kandang.

"Hal ini jelas mempermudah para peterna untuk menjaga sapinya," ujar Berkat.

Menurut dia, jika sudah terbiasa mengaktifkan kandang elektrik kemudian nanti ketika di non aktifkan kandang listrik tersebut dianggap tetap diwaspadai dan dijauhi oleh ternak.

Bahwa kandang elektrik ini tidak berbahaya bagi petani maupun ternak karena hanya mengandung tegangan kecil.

Kandang elektrik lebih difungsikan kepada ternak jenis sapi, kerbau dan kambing, sedangkan ternak domba hanya sebagian kecil petani yang memilikinya, namun untuk ternak unggas seperti ayam dan bebek, kandang elektrik tidak diperlukan karena jarak kandang harus melalui tiga jalur tertentu.

"Kita sendiri meminta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 1 (APBD 1), terkait kandang elektrik untuk petani, memang kita ada wacana untuk mengusulkan di APBD 2, kita mau mengkaji ulang untuk harganya karena didapatkan di luar Indonesia yaitu di Australia dan baru akan diterapkan untuk di Tanah Bumbu," ungkapnya.

Sementara kandang elektrik memiliki kemudahan dalam pemindahan tempat dari satu tempat ke tempat lainnya, seperti di area kebun sawit yang memiliki padang rumput. Kandang elektrik justru dibuat untuk memudahkan petani dalam memelihara ternak.

"Sosialisasi pengoperasian kandang elektrik ini sudah menyentuh hampir ke seluruh desa di Tanah Bumbu tahun ini, rata rata masyarakat petani ternak daerah sawit setuju mengusulkan kandang elektrik ini," pungkasnya melalui siaran pers.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022