Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tingkat Kecamatan Padang Batung, di aula kecamatan setempat.

Camat Padang Batung, Heri Utomo, Rabu (19/1) mengatakan, jumlah usulan yang diinput secara keseluruhan ada 165 buah, kemudian telah dilakukan pengerucutan menjadi 39 unit.

"Dengan rincian 16 usulan pada bidang infrastruktur, 17 usulan bidang ekonomi, dan enam usulan bidang sosial budaya," katanya, saat menyampaikan laporan.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas nama masyarakat Kecamatan Padang Batung kepada Bupati HSS dan Wakil Bupati HSS serta jajaran Pemkab HSS, yang pada tahun 2021 telah melaksanakan berbagai kegiatan terutama yang ada di kecamatan, salah satu contohnya yaitu Puskesmas Padang Batung.

Bupati HSS, Achmad Fikry berharap, agar musrenbang ini dapat mencapai kesepakatan untuk dibawa ke musrenbang tingkat kabupaten. Serta sebelumnya telah menyerahkan piagam penghargaan kepada camat dan para kepala desa di Padang Batung.

Baca juga: Fokus pembangunan di HSS harus selaras dari desa hingga pusat

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh pelaksanaan vaksinasi tahun 2021, sehingga bisa mencapai target minimal 70 persen untuk masyarakat dan 60 persen untuk lansia.

"Tugas kita belum selesai, tahun 2022 kembali melaksanakan vaksinasi untuk anak usia enam sampai 11 tahun, dan memacu masyarakat yang belum dosis kedua. Kalaubisa mencapai vaksin dosis kedua, maka akan bisa melaksanakan program booster," katanya.

Adapun untuk sertifikat tanah yang diserahkan, memang sudah lama diterbitkan BPN tapi belum diambil masyarakat, jadi pihaknya memohon dukungan para kepala desa untuk memastikan masyarakat untuk mengambil sertifikat.

Terkait pembangunan futsal yang dibangun desa, ia memberikan dukungan supaya desa-desa yang membangun fasilitas umum dengan menggunakan sumber pendapatan desa.

"Ini kita dorong, bangunlah bangunan yang berpotensi menjadi pendapatan desa. Tapi kalau ada pungutan, harus ada peraturan desa yang akan dibantu camat untuk prosesnya," katanya.

Baca juga: Kecamatan Simpur titik pertama Musrenbang RKPD HSS tahun 2023

Ia juga menginformasikan bahwa pemerintah di tahun 2023 anggaran masih belum menggembirakan, dan masih terbatas karena adanya COVID-19. Ia berharap sistem perencanaan dari musrenbang nanti bisa menentukan skala prioritas yang paling mendasar.

Tahun 2023 adalah tahun terakhir pencapaian RPJMD, ini merupakan penjabaran visi dan misi bupati setelah dilantik, maka usulan itu dikaitkan dengan target capaian RPJMD, sehingga tahun 2023 adalah tahun terakhir dapat merapikan target-target RPJMD yang belum selesai.

"Dikesempatan ini kami berpesan untuk meminta bantuan lagi dari para kepala desa terkait program vaksinasi yang akan terus dilanjutkan pada tahun 2022.
Semoga COVID-19 segera berakhir dan Omicron tidak masuk ke kabupaten kita, sehingga dana bisa kembali untuk membangun Kabupaten HSS," katanya.

Dalam rangkaian kegiatan musrenbang juga diserahkan penghargaan bagi desa yang lunas dalam pembayaran PBB, penyerahan bantuan korban kebakaran dari Pemerintah Kabupaten HSS dan Baznas HSS, serta penandatanganan prasasti peresmian gedung futsal di Desa Karang Jawa Muka.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS, H. Akhmad Fahmi, Wakil Ketua DPRD serta anggota dewan, Sekda HM Noor, para kepala desa, serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022