Martapura,  (AntaranewsKalsel) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 yang dipusatkan di Kecamatan Pengaron, Kalimantan Selatan, ditargetkan mampu membangun sepuluh toilet bagi warga kurang mampu.


Komandan Distrik Militer 1006/MTP Letkol Inf Ade Eka Putra di Martapura, Minggu mengatakan, sepuluh toilet itu dibangun di rumah warga di Desa Pengaron, Kabupaten Banjar.

"Sepuluh kepala keluarga di Desa Pengaron Kecamatan Pengaron yang kurang mampu mendapatkan jatah dibangunkan toilet," ujar Dandim melalui Korlap TMMD Kapten Ramelan.

Ia mengatakan, memasuki hari ke-4 pelaksanaan TMMD yang dimulai pada 8 Oktober 2015, sudah tiga unit toilet yang selesai dibangun dan sudah bisa digunakan pemilik rumah.

Dijelaskan, pembangunan toilet di rumah warga kurang mampu itu bertujuan mengurangi aktivitas buang air besar masyarakat yang masih dilakukan di tepi sungai.

"Harapan kami, keberadaan toilet itu mengurangi aktivitas buang air besar disungai sehingga lingkungan sepanjang aliran sungai bersih dan sehat," ucapnya kepada wartawan.

Menurut dia, pembangunan toilet membutuhkan tenaga 10 orang yang tergabung dari berbagai elemen yakni masyarakat, TNI AD, TNI AL termasuk personel Polri.

"Ditargetkan, pembangunan 10 unit toilet selesai dalam waktu satu minggu sehingga personel TNI bisa difokuskan untuk mengerjakan fasilitas masyarakat lainnya," ujar Ramelan.

Salah seorang warga Desa Pengaron yang beruntung dibuatkan toilet Tihana sangat bersyukur bisa dibangunkan toilet oleh personel TNI yang tergabung tim TMMD.

"Kami sangat terbantu karena sudah dibangunkan toilet di rumah sehingga tidak repot lagi pergi ke sungai untuk buang air besar," ucap pria yang sehari-hari petani itu.

Dikatakan, selama ini masyarakat sekitar memilih buang air besar ke sungai karena tidak memiliki cukup biaya untuk membangun toilet di dalam rumah sendiri.

"Jika sudah dibangunkan toilet di rumah sendiri pasti akan berkurang warga yang membuang air ke sungai dan kami juga bisa ikut menjaga kebersihan sungai," katanya.

Kegiatan TMMD ke-95 di Kabupaten Banjar yang dipusatkan di Kecamatan Pengaron sejak 8-28 Oktober 2015 melibatkan ratusan personel TNI yang mengerjakan infrastruktur jalan dan fasilitas umum.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015