Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berhasil memadamkan api yang membakar 3,5 hektar lahan perkebunan milik masyarakat Megasari, Pulaulaut Utara, Kotabaru.


"Api yang membakar lahan seluas 3,5 hektare di Desa Megasari, Kecamatan Pulaulaut Utara, berhasil dipadamkan oleh tim dari BPBD, sehingga tidak bisa memnjalar ke lahan yang lain," kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotabaru, Irian Noor, melalui Kasi Penanggulangan Bencana Sugeng di Kotabaru, Jumat.

Selain berhasil memadamkan kebakaran lahan, BPBD Kotabaru juga berhasil menyelamatkan rumah penduduk di Desa Sigam, Pulaulaut Utara, daria amukan `si jago merah`.

Sugeng mengemukakan, berdasarkan laporan Pusat Data dan Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan, melalui satelit aqua terra (modis) 9 Oktober mendeteksi 1 titik panas di wilayah Kalsel.

Titik api tersebut berada di Kabupaten Tanah Bumbu., sementara 12 kabupaten kota di Kalsel tidak ditemkukan titik panas pada pukul 06.00 Wita.

Berbeda dengan sehari sebelumnya, Modis mendeteksi 124 titik api yang tersebar di delapan kabupaten kota di Kalsel.

Kabupaten Banjar ditemukan 18 titik api, Tanah Laut 24 titik api, Kotabaru 37 titik api, Tanah Bumbu 35 titik api, Barito Kuala 4 titik api, Tapin 4 titik api, Hulu Sungai Selatan dan Balangan masing-masing satu titik api.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015