Dalam rangkaian hari jadi ke-62 Kabupaten Barito Kuala (Batola) Tahun 2022,  Pemerintah Kabupaten Batola menggelar pasar rakyat, Senin (10/1).

Pasar rakyat berlangsung di lapangan 5 Desember Marabahan dari tanggal 10 hingga 24 Januari 2022 dibuka Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dengan pemotongan pita bunga. 

Sebelum dibuka terlebih dulu suguhaan tarian kolosal dari sanggar permata Ije-Jela Marabahan binaan langsung bupati. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala H Zulkipli Yadi Noor yang juga selaku ketua pelaksana pasar rakyat mengungkapkan, pelaksanaan pasar rakyat  tahun 2022 berbeda dengan rangkaian perayaan hari jadi kabupaten yang biasa disertai pameran pembangunan. 

"Sudah dua tahun kita vakum berkegiatan akibat pandemi. Sesuai arahan bupati, tahun ini pameran pembangunan kita tiadakan dan diganti dengan pasar rakyat,"ungkap mantan Kepala Bapelitbang Batola ini. 

Menurut dia,  para peserta pasar rakyat tidak dipungut retribusi, namun disyaratkan untuk bisa menunjukkan bukti vaksinasi minimal tahap pertama. 

"Para pengunjung kita minta taat prokes dan kita akan razia yang belum di vaksin. Kita juga sediakan vaksinasi gratis di posko vaksinasi jika ada yang ingin di vaksin, " tambah Sekda. 

Sementara, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyampaikan,  penggantian pameran pembangunan tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Batola untuk meningkatkan perekonomian masyarakat saat pandemi. 

"Melalui pasar rakyat ini kita harapkan dapat menggeliatkan dan menggerakkan sektor ekonomi dan sebagai wadah promosi produk lokal unggulan daerah, " ungkap orang nomor satu di Batola ini. 

Bupati mengungkapkan, di akhir penyelenggaraan pasar rakyat akan diundi hadiah umroh bagi masyarakat yang bervaksin tahap pertama dari tanggal 24 Desember hingga 31 Desember tahun 2021 lalu.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022