Banjarmasin, Antaranews Kalsel - Para profesional di dalam suatu perusahaan umumnya ahli dalam bidang masing-masing. Namun membagikan pengetahuannya dengan menceritakan pekerjaan sehari-hari, terlebih dengan audiens anak-anak SD dapat menjadi tantangan tersendiri.
 

“Experience is the best teacher, pengalaman adalah guru terbaik, maka dari itu kami hadirkan langsung dua orang yang berperan penting di pelabuhan yaitu pandu kapal dan operator container crane," kata Hasna di sela-sela pengenalan profesi pelabuhan, Rabu.

Seperti yang dilakukan oleh Pelindo III, bertempat di SD Telaga Biru 4, Manager SDM dan Umum Pelindo III Cabang Banjarmasin Hasna Rief Kahariyah menjadi pengajar di sekolah tersebut.

Kegiatan ini merupakan program Pelindo III goes to school dengan tema berbagi cita-cita yang bertujuan tidak hanya pengenalan mengenai pelabuhan namun juga profesi yang ada di pelabuhan agar nantinya anak-anak yang berusia sekitar 11-12 tahun memiliki pengetahuan dan keanekaragam berbagai profesi sehingga tidak bingung dalam menentukan cita-citanya di masa depan.

Menghadirkan Sanuri lengkap dengan pakaian dinas sebagai pandu kapal dan Suprapto dengan alat pelindung diri yang menjelaskan mengenai profesi mereka, melalui media visual video di hadapan murid agar lebih mudah memahami profesi yang mereka jalani hingga saat ini.

”Senang sekali bisa kedatangan pak pandu dan om operator, karena kita bisa tahu bermacam-macam profesi di pelabuhan," ujar Vivi salah satu siswi SD Telaga biru 4.

Siswa kelas 6 SD Telaga Biru 4 awalnya hanya mengenal operator telepon dan pilot pesawat sebagai sebuah profesi di dunia kerja, namun dengan hadirnya program ini mereka memahami bahwa di laut juga terdapat profesi yang dinamakan ship pilot atau pandu kapal yang bertugas memandu kapal merapat ke dermaga dan operator crane yang berperan sebagai penggerak alat bongkar muat petikemas.

Selain mengajar mengenai pelabuhan dan mengenalkan profesi pandu serta operator, Program Pelindo III Goes to School juga memberikan dana pembinaan untuk kegiatan operasional sekolah. “Semoga dengan kegiatan ini, siswa-siswi kami dapat lebih semangat dalam meraih cita-citanya," kata syaifullah selaku Kepala Sekolah SD Telaga Biru 4

Hingga akhir tahun 2015 program ini akan diadakan setiap bulan di beberapa SD di Banjarmasin, rencana selanjutnya Program ini akan dilanjutkan pada jenjang SMP dan SLTA sebagai bentuk kepedulian dan pengenalan branding perusahaan kepada masyarakat umum.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015