Balangan - (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Kalsel, menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Dusun Nanai Desa Ajung Kecamatan Tebin Tinggi.

Dengan akses yang cukup sulit dijangkau, yakni sekitar 4 jam perjalanan kaki, perlu waktu dua hari, sejak Senin (5/10) hingga Selasa (6/10) bagi 26 petugas untuk menunaikan tugasnya di dusun yang berada di ujung Kecamatan Tebing Tinggi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin yang memimpin langsung pelayanan kesehatan di daerah terpencil tersebu mengungkapkan, selain memberikan pelayanan pengobatan secara gratis, pihaknya juga memberikan bantuan berupa obat-obatan, sabun, odol dan sejumlah peralatan yang menunjang hidup sehat lainnya.

Dari 26 petugas yang ikut kata Humam, terdiri dari petugas kesehatan Puskesmas Tebing Tinggi, Dinkes Balangan Bidang Pelayanan Kesehatan, Dokter PTT dan Komunitas PUTIH Tebing Tinggi.

Tidak seperti jalan saat berangkat, ketika turun menuju pulang rombongan peduli kesehatan masyarakat Sanggam ini menggunakan lanting yang terbuat dari ban dalam berukuran besar untuk mengarungi sungai yang jeram.

"Selain bisa memotong waktu dua jam lebih cepat kalau dibandingkan saat naik, dengan mengarungi sungai ini kita mendapatkan kesan tersendiri. Asyik, pemandangannya indah dan punya tantangan tersendiri," ujarnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015