Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) pada2020  dan berupa meningkatkan kategorinya pada 2022.

Selaku leading sektor dalam upaya peningkatan kategori APE pada tahun ini, Kepala DPPPA Kabupaten HSU Hj Gusti Iskandariah berharap semua SKPD dan Pemerintahan Desa sudah membuat anggaran bagi responsif gender.

"Itu kalau kita mau meningkatkan kategori APE lebih baik lagi secara Nasional," ujar Gusti Iskandariah di Amuntai, Kamis (6/1).

Gusti mengatakan, hingga akhir 2021 belum semua SKPD membuat Anggaran responsif gender yang diharapkan tersebut.

Ia menjelaskan,  program penganggaran yang responsif gender ini  di dalam RKA sesuai Instruksi Presiden RI nomor 09 tahun 2020.

"Kalau kita mau jadi mentor maka semua desa harus membuat perencanaan anggaran responsif gender dalam aplikasi yang sudah kita sediakan," kata Gusti.

Ia berharap di 2022 semua SKPD dan Pemerintahan desa sudah bisa membuat anggaran responsif gender ini, pihak DPPPA HSU siap memberikan bantuan yang diperlukan untuk pembuatannya.

Gusti mengatakan, untuk meningkatkan kategori APE perlu juga adanya kajian dari perguruan tinggi terhadap pemberdayaan perempuan di Kabupaten HSU. Hasil kajian tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Selain itu, lanjutnya lagi, belum tersedianya tenaga fasilitator yang cukup banyak untuk kegiatan pemberdayaan perempuan.

Gusti menambahkan, peran semua stakeholder seperti media massa, dunia usaha juga dituntut dukungan dan perannya untuk meningkatkan kategori APE.

"Peran media massa dan dunia usaha juga masih minim datanya didapatkan oleh DPPPA HSU, kita harapkan baik media cetak, media sosial dan dunia usaha melakukan kegiatan dalam upaya dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan untuk disampaikan ke DPPPA agar bisa dlaporkan keKementerian PPPA," katanya 

Pada 2020 Pemkab HSU masih menerima penghargaan APE untuk kategori Madya yang juga sudah didapatkan pada 2018. Penghargaan diperoleh atas komitmen Pemkab HSU dalam pengarusutamaan gender (PUG).

Gusti berharap pada 2022 ini, kinerja dalam PUG bisa ditingkatkan lagi sehingga dapat meraih penghargaan APE untuk kategori Utama bahkan bisa ke tingkat Mentor.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022