AKBP Tri Hambodo resmi menjabat Kapolres Tanah Bumbu menggantikan AKBP Himawan Sutanto Saragih dalam upacara serah terima jabatan yang dilaksanakan Selasa (4/1) di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.

Menjaga kondusifitas Tanah Bumbu pun jadi prioritas Tri Hambodo yang menurutnya jadi tugas utama di samping menciptakan berbagai inovasi dan terobosan dalam pelayanan Kepolisian ke masyarakat.

"Saya mohon doa restu kepada seluruh lapisan masyarakat di Tanah Bumbu agar bisa menjalankan tugas ini dengan baik dimana tolak ukurnya kondusifitas wilayah terjaga," ucap Tri Hambodo.

Menurut dia, peran para tokoh masyarakat hingga alim ulama dan kelompok pemuda di Bumi Bersujud bakal didorongnya untuk sama-sama mengawal situasi kamtibmas.

Karena Tri Hambodo meyakini polisi tidak bisa bekerja sendiri. Namun harus mendapat dukungan dari masyarakat termasuk segenap stakeholder dan juga bantuan TNI yang senantiasa bersinergi dan solid.

"Saya mengedepankan peran Bhabinkamtibmas yang jadi ujung tombak di lapangan bersama Babinsa, karena mereka inilah yang paling paham kondisi di tengah masyarakat. Jadi penting deteksi dini setiap dinamika yang mencuat," tutur alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002 itu.

Sementara untuk inovasi juga ditekankan
Tri Hambodo agar lebih memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan Kepolisian selaras dengan program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan semangatnya salam Presisi (Prediktif, Responsibilitas, transparansi dan berkeadilan).

"Masyarakat butuh pelayanan yang cepat dan mudah sesuai perkembangan zaman saat ini. Berikan yang terbaik sebagai wujud pengabdian kita sebagai insan Bhayangkara sejati," tandasnya.

Sebelum memegang tongkat komando, 
Tri Hambodo menjabat Kepala Sub Direktorat IV Tindak Pidana Tertentu (Kasubdit IV Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel.

Dia juga sempat menduduki posisi Kasubdit 2 Harda Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel setelah lulus Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri tahun 2018 dan kemudian mendapat penempatan di Polda Kalsel sejak 2019.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022