Menjabat selama 1 tahun 10 bulan jadi waktu pengabdian Kombes Pol Rachmat Hendrawan sebagai Kapolresta Banjarmasin.

Sederet prestasi membanggakan pun telah berhasil ditorehkan alumni Akpol 1995 ini. Alhasil, Rachmat meninggalkan Polresta Banjarmasin dengan kepala tegak berbekal capaian terbaik sebagai kepala satuan wilayah di Kota Seribu Sungai.

Dari sejumlah torehan tinta emasnya, keberhasilan pengungkapan jaringan kelas kakap narkoba jadi paling menyita perhatian. 

Betapa tidak, 270,92 kilogram narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi disita dari tiga kasus penyelundupan narkoba yang dibongkar hingga gagal beredar dan  menyelamatkan jutaan jiwa dari penyalahgunaan barang haram tersebut.

Rekor pun tercipta untuk Polres jajaran Polda Kalsel menjadi sitaan barang bukti narkotika terbesar sepanjang sejarah yang hingga kini tak bisa dipecahkan. 
Kombes Pol Rachmat Hendrawan saat pelepasan dirinya di Polresta Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Kemudian suksesnya pengamanan Pilkada Serentak 2020 untuk Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan dan Walikota Banjarmasin hingga berlanjut pada pemungutan suara ulang (PSU) di tahun 2021 juga jadi catatan tersendiri dalam kepemimpinan Rachmat mengomando Polresta Banjarmasin.

Rachmat menyampaikan apresiasi tinggi terhadap seluruh anggota atas loyalitas dan pengabdiannya. Menurut dia, tanpa kerja keras anggota di lapangan maka keberhasilan tugas seorang pemimpin tak mungkin diraih.

"Segala pencapaian kinerja semuanya berkat kerja anggota dan tentunya dukungan para istri di rumah yang senantiasa mendoakan," tuturnya.

Ucapan terima kasih yang besar juga ditujukan Rachmat kepada masyarakat di Kota Banjarmasin. Kondusifitas yang terjaga tak lepas dari peran serta warga hingga ibukota Kalimantan Selatan benar-benar aman dan damai tanpa insiden menonjol.
Kombes Pol Rachmat Hendrawan bersama para perwira Polresta Banjarmasin saat pelepasan dirinya dan istri. (ANTARA/Firman)


Sebagai putra daerah berdarah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan menghabiskan masa remaja di SMAN 1 Banjarmasin, Rachmat mengaku sangat berkesan dapat bertugas di tanah leluhur Bumi Lambung Mangkurat.

Polresta Banjarmasin jadi tugas ketiganya di Polda Kalsel setelah sebelumnya pernah menjabat Kapolres Balangan dan Komandan Satuan Brimob.

Dia pun memohon doa agar bisa kembali lagi ke Banua di masa yang akan datang sembari berharap bisa sekolah untuk meniti karir lebih tinggi lagi di institusi Polri di bawah komando Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Rachmat Hendrawan mendapat promosi sebagai Karo Ops Polda Sulawesi Barat. Posisinya digantikan Kombes Pol Sabana A Martosumito.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022