Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin terus berupaya mendongkrak vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia) di Kalimantan Selatan yang saat ini belum mencapai 60 persen.

"Ini perlu kita akselerasi terus mengingat lansia merupakan kelompok rentan," kata Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla di Banjarmasin, Senin.

Selain menciptakan kekebalan komunitas bagi lansia, kata dia, capaian 60 persen juga syarat agar vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun bisa dilaksanakan.

Di Kalsel, saat ini baru Kota Banjarbaru yang capaian vaksinasi lansia 60 persen. Sementara 12 kabupaten dan kota lainnya masih di bawah 50 persen dari target.

Bahkan Kota Banjarmasin yang capaian vaksinasi sudah 78 persen untuk dosis pertama secara umum, khusus kelompok lansia juga masih di bawah 60 persen.

Herbiyantoko mengatakan upaya jemput bola untuk menentukan agar lansia bisa lebih cepat mendapatkan vaksin.

Selain itu, kepedulian pihak keluarga agar mengikuti program vaksinasi juga diharapkan sebagai bentuk dukungan nyata dari masyarakat.

Serbuan Vaksinasi Maritim yang ke-67 oleh Lanal Banjarmasin hingga saat ini sudah berhasil memvaksinasi sebanyak 20.608 warga Kalimantan Selatan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022