Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19, di Lapangan Futsal, Desa Hamak, Kecamatan Telaga Langsat.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini dilakukan dengan kerjasama yang solid antara dinas kesehatan dalam hal ini Puskesmas Telaga Langsat selaku pelaksana dengan prajurit TNI yang ikut terlibat langsung, diikuti warga di wilayah Hamak Timur, Hamak Utara dan sekitarnya.

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada Bapak Gubernur yang sudah meluangkan waktunya hadir meninjau langsung vaksinasi di tengah-tengah masyarakat Hamak, ini tentu menjadi motivasi yang kuat bagi masyarakat kami," kata wabup, saat memberikan keterangan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sosialisasi Diskominfo HSS sisir warga Daha dukung vaksinasi dari rumah ke rumah

Dijelaskan dia, saat ini realisasi vaksinasi di HSS mencapai 59 persen berkat dukungan dari Gubernur dan seluruh pihak terkait, apalagi  dengan dibagikannya sembako vaksin bergerak in.

Pemkab HSS dalam dua minggu terakhir ini telah melakukan gerakan percepatan vaksinasi, dalam rangka memenuhi instruksi Presiden RI, Joko Widodo yang menginginkan di akhir tahun 2021 angka vaksinasi di seluruh daerah minimal sudah mencapai 70 persen.

"Semua SKPD di lingkup Pemkab HSS telah dikerahkan untuk mensukseskan gerakan ini, dengan berbagai cara dan inovasi mereka masing-masing untuk memotivasi masyarakat datang bervaksin," katanya.

Bahkan untuk di akhir tahun nanti, Pemkab HSS telah menyiapkan door prize utama berupa tiga buah sepeda motor, berserta hadiah lainnya. Dan seluruh masyarakat yang telah divaksin akan berkesempatan untuk mendapatkannya.

Dalam kesempatan ini Gubernur Paman Birin secara simbolis menyerahkan bonus sembako serta sertifikat keterangan vaksin kepada beberapa perwakilan masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi. Bonus sembako ini disalurkan melalui BPBD Provinsi Kalsel melalui Program Vaksin Bergerak.

Baca juga: Hadiah motor dan door prize lainnya, Pemkab HSS dorong percepatan vaksinasi

Camat Telaga Langsat, Sar Ifansyah, mengatakan di wilayahnya masyarakat yang layak vaksin yang belum melakukan vaksinasi tinggal 518 orang, ia optimis bahwa pelaksanaan vaksinasi di Hamak Timur kali ini akan meminimalisir jumlah masyarakatnya yang belum bervaksin.

"Apalagi Bapak Gubernur hari ini telah membagikan 500 paket sembako, artinya kalau estimasi yang datang 90 persen saja tentu akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap jumlah masyarakat yang telah divaksin," katanya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H.M. Muslim, Kadis Kesehatan HSS, Siti Zainab, perwakilan BPBD Kalsel, perwakilan TNI dan Jajaran Dinas Kesehatan. Acara ini sendiri merupakan hasil kerjasama Dinas Kesehatan, Kodim 1003 HSS dan didukung PT. Subur Agro Makmur (SAM), Astra Tbk.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021