Melanjutkan sukses seri Zenfone 2 yang hadir pada kuartal kedua 2015, ASUS kembali meluncurkan smartphone Android terbaru ke pasaran Indonesia. Kali ini smartphone yang dirilis adalah ASUS Zenfone 2 ZE500KG yang masuk dalam lini produk Zenfone 2 Laser.


Berbeda dengan produk-produk smartphone ASUS terdahulu yang berbasis teknologi Intel, lini produk ASUS Zenfone 2 Laser merupakan lini produk smartphone Android yang diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon series.

Seperti diketahui, Qualcomm merupakan salah satu pemain utama diindustri prosesor mobile dan memiliki portofolio CPU yang lengkap.

"Dengan Zenfone 2 Laser, ASUS menawarkan pilihan baru pengguna yang membutuhkan smarphone dengan kinerja tinggi dan kaya fitur, namun dipasarkan dengan harga relatif terjangkau," sebut Country Product Group Leader, ASUS Indonesia, Juliana Cen.

 "Hadirnya Zenfone 2 Laser ZE500KG tentu akan mengisi pasar yang sebelumnya belum tergarap oleh lini produk ASUS Zenfone 2," ucapnya.

Zenfone 2 Laser ZE500KG yang berbasis sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop diperkuat prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 410.

"Prosesor ini mampu menyediakan performa cukup untuk aktivitas penggunanya sehari-hari. Kinerja tinggi sekaligus efisiensi energi yang ditawarkan membuat pengguna bisa mengambil foto-foto indah dengan cepat, merekam dan mengedit video HD cukup dengan sedikit penggunaan daya baterai," sebut Juliana.

Demi menyediakan daya tahan lebih baik terhadap goresan, ASUS menggunakan Gorilla Glass 4, teknologi pelindung layar terbaru buatan Corning. Gorilla Glass 4 menawarkan daya tahan 2 kali lebih baik saat terjatuh, mereduksi kemungkinan layar pecah hingga 85% dan 2,5 kali lebih kuat dibanding lapisan Gorilla Glass 3.

Agar nyaman bagi mata pengguna, ASUS juga sudah mengimplementasikan Bluelight Filter pada display. Jika diaktifkan akan mengurangi warna biru pada layar sehingga membuat tampilan dan warna display menjadi lebih lembut. Ini membuat mata tidak lekas lelah meski melihat ke layar terus menerus dalam waktu lama.

Dari sisi transmisi data, ZenFone 2 Laser ZE500KG dilengkapi chip 802.11 b/g/n yang akan memastikan koneksi via WiFi dapat dilakukan dengan gegas. Ia juga mendukung Wi-Fi Direct, Bluetooth dan Android Hotspot untuk berbagi koneksi internet yang digunakan.

Untuk komunikasi seluler dan data, smartphone dengan RAM hemat energi 2GB LPDDR3 ini menyediakan dua slot micro SIM card. Kedua slot berfitur dual sim dual standby tersebut mendukung konektivitas 2G dan 3G HSPA yang menawarkan kecepatan download/upload hingga 42Mbps/5,76Mbps.

Pengguna bisa memilih salah satu diantara kedua slot tersebut untuk komunikasi data tanpa perlu menukar tempat kartu-kartu GSM yang terpasang.

Dari sisi kamera, ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG menggunakan kamera utama dengan resolusi 8MP yang mampu mengambil foto dengan resolusi 3264 x 2448 pixel. Yang menarik, kamera tersebut diperkuat fitur Laser Auto Focus yang membuatnya mampu mendapatkan fokus yang sangat cepat terhadap obyek yang akan difoto termasuk face detection hingga 0,2 detik.

Dukungan teknologi khas ASUS PixelMaster Camera membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang saat dalam kondisi pencahayaan minimal. Jika dibutuhkan tersedia pula dual-LED (dual tone) flash yang dapat membuat hasil foto terekam dengan warna yang lebih natural.

Selain mengambil foto, kamera yang digunakan mampu merekam video dengan resolusi FullHD dengan kecepatan 30 frame perdetik.

Untuk melengkapi, kamera depan yang disediakan pada ZE500KG juga memiliki resolusi yang cukup tinggi yakni 5MP serta dengan aperture f/2.0. Tak hanya resolusi tinggi kamera ini juga mendukung autofocus untuk mendapatkan hasil foto lebih baik.

Bahkan bagi pengguna yang gemar melakukan selfie, kamera depan juga menyediakan sudut yang lega hingga 85o. Artinya, akan lebih banyak obyek yang bisa ditangkap dalam foto.

Pengguna tak perlu khawatir kehabisan kapasitas penyimpanan. ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG tersedia dalam 2 versi yakni dengan penyimpanan internal sebesar 8GB atau 16GB. Kapasitas internal ini masih bisa ditambahkan via kartu microSD hingga kapasitas sebesar 128GB Jika tidak cukup masih ada penyimpanan cadangan online via ASUS WebStorage sebesar 5GB yang dapat digunakan secara cuma-cuma selamanya.

Di Indonesia, saat ini Zenfone 2 Laser ZE500KG tersedia dengan harga Rp1,999 juta (versi 8GB) dan Rp2,199 juta (versi 16GB).

ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan dan smartphone.

Dimotivasi oleh inovasi dan komitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.326 penghargaan di 2014. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.200 orang diantaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) yang berkelas dunia.

ASUS sangat fokus untuk menyediakan produk yang berkualitas dengan desain yang menarik.

Di Indonesia hingga kuartal kedua 2015, GfK melaporkan bahwa bisnis Notebook di Indonesia, ASUS terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dan tetap menempati posisi pertama yang kuat dengan market share sebesar 31,6 persen.

Sedangkan diindustri tablet, perkuartal kedua 2015, ASUS juga berhasil meraih posisi sebagai TOP 3 brand di Indonesia dengan tren penjualan yang terus meningkat. Di industri smartphone pada kuartal kedua 2015 ASUS meraih posisi sebagai TOP 2 brand di Indonesia. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja penjualan ASUS sudah separuh Samsung.

Pewarta: A.Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015