Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim sangat mengapresi dan berterima kasih atas partipartisi berbagai pihak dalam pelaksanaan kegiatan Vaksinasi termasuk yang dilaksanakan Badan Intelijen Negara (BIN) Kalsel.

"Kita sangat mengapresiasi semua pihak, ada BIN, TNI Polri semua bergerak bahu membahu," ujar Muslim di Amuntai, Sabtu (18/12).

Muslim mengatakan, kegiatan Vaksinasi oleh berbagai pihak ini sebagai bentuk yang namanya gotong royong, Gubernur (Sahbirin Noor-red) menyebutnya 'BERGERAK' yang berarti juga Gotong Royong.

Ia mengatakan, semua pihak terlibat dalam kegiatan vaksinasi, tujuannya untuk mencapai kekebalan masyarakat (Herd Imunity) sehingga resiko sakit dan kematian akibat COVID-19 berkurang.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Muslim, didampingi Plt Kadinkes HSU Masbudianto, menyaksikan pemberian vaksin kepada santri Pesantren Al Karomah Desa Keramat Kabupaten HSU, Sabtu (18/12). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Muslim mengemukakan halhal ini saat meninjau kegiatan vaksinasi massal untuk pelajar/santri di Pondok Pesantren Al Karomah Desa Keramat Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten HSU.

Terpisah, Kepala BIN daerah (Binda) Kalsel Brigjen Pol. Dr.  Heri Armanto Sutikno  mengatakan kegiatan vaksinasi massal ini sekaligus melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jendral Pol (Purn) Budi Gunawan, guna mencapai target herd immunity 70 persen di akhir 2021.

BIN Daerah Kalsel terus menggerakkan vaksinasi hingga ke wilayah terjauh di provinsi Kalsel, melakukan kolaborasi pentahelix bersama unsur penggerak vaksinasi di daerah, yaitu Pemerintah Daerah, kampus dan akademisi, pihak swasta, komunitas masyarakat hingga media.

"Selama Desember 2021 saja, BIN Daerah Kalsel menyiapkan Vaksin COVID-19 sebanyak 37.600 dosis untuk masyarakat, terutama kelompok lanjut usia dan pelajar/santri,"kata Heri.
 
Pelajar SMPN 4 Amuntai menerima suntikan vaksin Pfizer dari nakes Pada kegiatan Vaksinasi massal untuk pelajar yang dilaksanakan BIN Kalimantan Selatan di Kabupaten HSU, Sabtu (18/12). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

 Heri mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan unsur penggerak vaksinasi di daerah, dalam pencarian dan pengerahan sasaran, dukungan vaksin dan tenaga kesehatan, serta publikasi, tentunya juga bersama TNI-Polri.

” Pada pelaksanaannya juga sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya mendapatkan vaksin,” kata Heri.

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini pemerintah terus mengimbau masyarakat agar patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selalu memakai masker,mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilisasi.
 
Kadinkes Prov Kalsel M Muslim bersama Plt Kadinkes HSU Masbudianto. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Kegiatan Vaksinasi BIN Kalsel pada Sabtu (18/12) kembali dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Karomah Desa Keramat Kecamatan Amuntai Selatan.

Vaksin yang diberikan merupakan dosis dua jenis Pfizer dimana ustadz dan para santri tetap bersemangat menjalani vaksinasi.

Selain di Al Karomah, pada waktu bersamaan BIN Kalsel juga melaksanakan kegiatan Vaksinasi Pelajar di SMPN 4 Amuntai di Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah.
VIDEO BERITA TERKAIT :  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021