Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Hindera Wahyudin meminta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) juga mengakomodir pembangunan sumber daya manusia.

"Saat kami mengikuti musrenbang, usulan yang disampaikan bukan hanya  fisik tetapi juga pembangunan sumber daya manusia yang dinilai penting sehingga hendaknya bisa diakomodir," ujarnya di Banjarbaru, Kamis. 

Ia mengatakan, pihaknya mengikuti musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan pekan kedua Desember dan mendapati sejumlah usul yang disampaikan masyarakat diantaranya terkait pembangunan SDM itu. 

Disebutkan wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Cempaka itu, melatih dan memberdayakan sumber daya manusia penting karena saat ini semua sektor memasuki era digital 4.0 menuntut penguasaan teknologi. 

"Era digital sekarang, melatih dan memberdayakan SDM penting agar bisa mengembangkan kewirausahaan melalui pelatihan IT, ekonomi kreatif mendukung dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat," ujarnya. 

Disisi lain, politisi Partai Gerindra itu mengharapkan musrenbang bukan sekedar formalitas tahunan, tetapi menjadi sarana aspirasi, saran dan masukan masyarakat yang menjadi dasar musrenbang tingkat kota.

"Harapan kami, masyarakat ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan melalui usulan yang disampaikan sesuai kebutuhan bersama sehingga hasilnya juga bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya. 

Dikatakan, hasil musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan tentu akan disinkronkan dengan visi misi wali kota yakni menjadikan Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera hingga masa kepemimpinan berakhir. 

"Visi dan misi Banjarbaru Juara akan dijabarkan dalam RPJMD Banjarbaru tahun 2021-2026 sehingga arah pembangunan bisa berdampak luas terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Hindera.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021