Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan seleksi sebanyak 1.194 orang calon tenaga pendamping desa di Wilayah IV yang dilaksanakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Rekrutmen posisi tenaga pendamping lokal desa (PLD) dilaksanakan secara daring, mulai pendaftaran, tes tertulis dan tes wawancara," terang Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas ULM Prof Yudi Firmanul Arifin selaku tim penyelenggara rekrutmen di Banjarmasin, Senin.

Diketahui Kemendes PDTT menunjuk ULM menjadi salah satu universitas penyelenggara rekrutmen di Wilayah IV yang mencakup seluruh provinsi di Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dijelaskan Yudi, sebagai tuan rumah pelaksanaan rekrutmen pihaknya berupaya menghasilkan para tenaga pendamping profesional (TPP) yang nantinya mendapatkan para tenaga pendamping terbaik untuk mendukung kemajuan desa.

"Jadi seleksinya benar-benar murni melihat kompetensi yang dimiliki peserta, jika memang memenuhi standar yang ditetapkan maka dipastikan lolos," jelasnya.

Dia pun berterima kasih kepada Kemendes PDTT atas kepercayaan yang telah diberikan kepada ULM sebagai pelaksana tes tertulis dan wawancara rekrutmen PLD tahun 2021.

Kemendes PDTT membuka rekrutmen pendamping lokal desa yang di antara syaratnya pendidikan minimal SLTA atau sederajat usia 25 sampai 45 tahun, memiliki pengalaman bidang pembangunan desa atau pemberdayaan masyarakat minimal dua tahun serta 
diutamakan penduduk desa di kecamatan setempat.

Tugas pokoknya antara lain melakukan pendampingan dalam kegiatan pendataan desa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa yang berskala lokal desa.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021