Bupati Tanah Laut  HM Sukamta bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat melakukan pengecekan ketersediaan stok dan kestabilan harga bahan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, di Pasar Tapandang Berseri Pelaihari,  Rabu (8/12).

Setelah melakukan banyak interaksi dengan para pedagang dan pembeli terkait ketersediaan stok dan kestabilan harga bahan pokok dan penting, Bupati Tanah Laut HM Sukamta meresmikan Pos Ukur Ulang dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tanah Laut. 

Sukamta berharap,  dengan adanya timbangan pengukur bisa menjamin pedagang dan pembeli dari hasil ukuran transaksi pembelian yang mereka lakukan, sehingga menjadikan pasar semakin berkah.

“Alhamdulillah, di pasar kita sudah punya alat untuk menjamin ketepatan timbangan. Ini upaya kita melindungi konsumen, jadi apabila ada pembeli yang tidak yakin bisa dicek di timbangan kita ini dan apabila ada timbangan dari pedagang tidak standar, tentu akan cepat kita perbaiki. Sehingga perdagangan di pasar kita memenuhi syariah, sesuai ketentuan perundang-undangan dan mendapatkan berkah serta keridhoan Allah SWT,” pungkas Sukamta.

Terpisah, Siti salah seorang pembeli  mencoba menimbang ulang hasil belanjanya mengatakan, kehadiran Pos Ukur Ulang bisa menjamin kepuasan pembeli terhadap ukuran timbangan para pedagang. 

Setelah mencoba menimbang beberapa bungkus daging sapi dibelinya, ungkap dia,  dirinya merasa lega karena tidak ada belanjaannya kurang dari takaran timbangan. 

Dia mengaku, dari hasil timbang ulang, ternyata  timbangan para penjual sudah sesuai standar.

“Alat timbang ulang ini bagus, supaya pelanggan berbelanja di pasar bisa memastikan dan merasa puas dengan pelayanan pedagang terhadap timbangannya. Alhamdulillah pas dicoba, ternyata timbangan penjualnya lebih tidak kurang,” ungkap Siti.

Turut hadir pada penyisiran kali ini, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tanah Laut, Kepala Diskopdag Tanah Laut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut,  Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tanah Laut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Laut sekaligus Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tanah Laut.

Selain itu, juga hadir  Kepala Dinas Perhubungan, Plh Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Laut, Kepala Bagian Perekonomian, Administrasi Pembangunan dan SDA Setda Tanah Laut dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Tanah Laut.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021