Karya kreatif dan inovatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membuahkan hasil yang sangat membanggakan.

Tergabung dalam Tim Wasaka ULM mereka berhasil meraih peringkat ketiga Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang berlangsung 8 sampai 12 November di Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Mobil hemat energi yang diberi nama Antasari Evo 1 masuk peringkat ketiga untuk kategori Urban pada kelas mesin pembakaran dalam Gasoline.

Untuk peringkat pertama diraih Garuda UNY Eco dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan juara kedua tim Anta Wirya dari Universitas Diponegoro, Semarang.

Dalam proses pembuatan mobil hemat energi yang ramah lingkungan tersebut, Adaro telah memberikan support berupa dana untuk kebutuhan peralatan.

 "Dukungan Adaro kita gunakan untuk belikan keperluan bahan dan kebutuhan tim selama di Kota Surabaya," ungkap salah satu anggota Tim Wasaka Lidya Rahmi.

Proses pembuatan mobil hemat energi ini cukup singkat, sekitar tiga sampai enam bulan prosesnya sudah selesai yang diimbangi dengan kegiatan masing-masing mahasiswa maupun tenaga pengajar dalam Tim Wasaka.

Lidya yang kini kuliah di Fakultas Teknik Kimia menyampaikan apresiasinya atas dukungan Adaro sehingga Tim Wasaka bisa mengharumkan nama Banua di ajang KMHE 2021.

Mahasiswa asal Kota Martapura Kabupaten Banjar ini salah satu penerima program Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) dari Adaro sejak 2019.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Program IBFL sendiri merupakan program beasiswa yang diselenggarakan Adaro sejak 2018 guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya kepada putra-putri terbaik dari wilayah operasional perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 "Alhamdulillah saya bisa mendapat bantuan asrama, beasiswa bulanan dan dana penelitian dari program IBFL Adaro," ungkapnya.

Sebelumnya Tim Wasaka tiap tahunnya mengikuti kompetisi yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Termasuk tampil di ajang kompetisi mobil hemat energi bertajuk "Shell Eco Marathon Asia 2018" di Changi Exibition Center Singapore tahun 2018.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021