Balangan - (Antaranews Kalsel) - Mandai chrispy, gula semut dari aren dan sirup batumandi jadi primadona di stand pameran Pemkab Balangan, Kalsel, pada gelaran Nasional Festival Borneo Expo 2015 di Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sejak dibuka pada Rabu (3/9), stand Pemkab Balangan langsung diserbu oleh para pengunjung Festival Borneo Expo 2015.

Ketua TP PKK Balangan, Hj Diyah Nur Fadiah mengungkapkan, perlu adanya tambahan variasi untuk produk dari bumi Sanggam.

"Jangan berpuas diri dengan segala yang sudah kita bisa perbuat, harusnya kita tambah lagi, dan harus inovatif dan kreatif menambah produk unggulan kita," harapnya.

Tampaknya pengunjung tahu betul, untuk mendapatkan makanan khas seperti mandai, gula aren dan sirup Batumandi, tak lain dan tak bukan adalah di stand Pemkab Balangan.

"Dengan begitu, kita harus menampilkan tambahan produk, dan ketika pengunjung berdatangan mencari mandai, gula aren dan sirup Batumandi, mereka juga melihat produk unggulan Balangan lainnya," pesannya.

Fazri Rahman (33), salah satu pengunjung yang berasal dari kota Sempaja setempat mengungkapkan, banyak warga banua enam yang tinggal disini, hingga tahu betul dengan makanan khas banjar berupa mandai.

"Mandai sudah terkenal khusus warga pulau kalimantan, terlebih disini banyak warga banjar, hingga setiap stand dari Kalsel itu selalu dicari mandai dan gula aren," ujarnya.

Kali ini ujar Fazri, cukup mengejutkan melihat tampilan gula aren dan mandai yang sedikit berubah serta berpenampilan menarik.

"Sungguh kreatif, mandai Balangan sekarang ada chrispynya, serta gula aren yang dibuat gula semut, bahkan dengan berbagai varian rasa," kata Fazri.

Dengan begitu, tambah Fazri, kita akan ingat, ketika berkunjung ke Balangan, ada makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, berupa mandai chrispy, gula semut dari gula aren, sirup Batumandi, dan kerupuk waluh atau kerupuk labu.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015