Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, melaksanakan bedah sekolah di Kecamatan Bintang Ara masing-masing SD Negeri 1 Usih dan SD Negeri Bintang Ara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Marzuki Hakim di Tanjung, Kamis mengatakan, program bedah sekolah ini didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten 2015.

"Salah satu upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan melalui program bedah sekolah dan tahun ini kita laksanakan di SD Negeri 1 Usih dan SD Negeri Bintang Ara," jelas Marzuki.

Program Bedah rumah tahun ini dilaksanakan bersama Polres Tabalong sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Pelaksanaan bedah sekolah diresmikan secara langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama Wakil Bupati DR Zony Alfianoor

dipusatkan di SD Negeri 1 Usih Kecamatan Bintang Ara.

Bersama Dandim 1008/Tanjung Letkol Infanteri Rudy Saladin, Kasat Bimas Polres Tabalong AKP Sumardi dan Sekretaris Daerah Abdul Muthalib Sangaji.

Peresmian Bedah Rumah di SD Negeri Usih ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Bupati dan Wakil Bupati disaksikan puluhan siswa serta undangan lainnya.

Terpisah Kepala Sekolah SD Negeri 1 Usih Hermansyah mengatakan bantuan Bedah Sekolah berupa pembangunan tambahan tiga lokal atau ruang kelas sehingga bisa dimanfaatkan bagi para siswa guna mendukung kegiatan belajar.

"Saat ini jumlah siswa mencapai 70 orang dengan enam ruang kelas ditambah satu ruang guru memang masih belum memadai sehingga bantuan Bedah Rumah dari Dinas Pendidikan bisa dimanfaatkan bagi siswa kelas satu, dua dan tiga," jelas Hermansyah.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Zainal Dahli mengatakan pada 2015 total dana bansos berupa rehab dan pembangunan sekolah baru di `Bumi Saraba Kawa` ini mencapai Rp2 miliar.

"Untuk program bedah sekolah di Kecamatan Bintang Ara alokasi dana sekitar Rp900 juta dan tahun ini ada lima sekolah yang mendapat bantuan sosial berupa rehab dan pembangunan ruang kelas baru," jelas Zainal.

Lima sekolah yang mendapat bansos untuk rehab dan pembangunan ruang kelas baru, yakni SMP Negeri 1 Banua Lawas, SMP Negeri 1 Tanta, SMP Negeri 2 Tanta, SMP Negeri 7 Tanjung, dan SMP Negeri 8 Muara Uya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015