Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bidang Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Ditlantas Polda Kalsel membagikan rompi Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) kepada para petugas Supeltas di setiap persimpang di kota setempat.


"Mereka masyarakat yang mengatur lalu lintas secara sukarela di setiap persimpangan sehingga kami bagikan rompi ini," ucap Kasubid Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin, Rabu.

Ia mengatakan, Sukarelawan itu biasa disebut "pak ogah" yang biasa menawar jasa untuk menyeberang ataupun untuk memutar balik arah jalan di persimpangan.

Untuk sekarang ini para Sukarelawan pengatur lalu lintas itu dibina oleh polisi dan mereka semua diberikan pendidikan dasar bagaimana mengatur lalu lintas yang baik dan benar.

Selain itu juga mereka mendapatkan tata cara pengaturan lalu lintas yang sopan dan tidak memaksa minta uang ke pengendara yang ingin menyeberang ataupun memutar.

"Tujuan kami yang penting mereka bisa dididik untuk belajar sukarela dan tidak minta imbalan serta santun saat melayani pengguna jalan," ujar Nina.

Terus dikatakannya, keberadaan para pengatur lalu lintas sukarela itu cukup membantu warga ataupun pengguna jalan yang hendak melintas di pertigaan atau perempatan.

Para petugas sukarelawan pengatur lalu lintas itu sendiri berasal dari segala lapisan profesi dan mereka akan terus dipantau serta dievaluasi kinerjanya.

"Keberadaan pengatur lalu lintas sukarela ini secara aturan memang tidak dibolehkan tapi meraka bisa menjadi corong informasi apabila ada suatu kejadian yang menonjol di jalan raya," tutur Srikandi Polda Kalsel itu.    

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015