Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tiga calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang masuk kuota haji 2015 dilaporkan telah wafat menjelang keberangkatan pada 7-17 September ini.


Menurut Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Syukeriansyah, di Banjarmasin, Selasa, kuota calon jemaah haji (CJH) asal Kalsel sebanyak 3.050 orang harus berkurang karena adanya yang meninggal dunia.

"Ada tiga calon haji yang dilaporkan kepada kita telah meninggal dunia menjelang keberangkatan ini, kita ikut berduka cita, moga niat mereka berhaji diterima Allah SWT," ujarnya tanpa memberitahukan tiga calon haji wafat asal daerah mana.

Selain yang wafat, tutur dia, ada lima lagi calon haji Kalsel yang dipastikan juga tidak bisa diberangkatkan pada tahun ini, yakni, dua orang sakit keras, 1 orang hamil yang diikuti suaminya tidak jadi berangkat, dan satu orang yang menunda pada tahun depan.

"Jadi jumlah kekurangan haji Kalsel tahun ini sementara ada delapan orang calon haji," ujar Syukeriansyah.

Dikatakan dia, bahwa kursi yang ditinggalkan delapan calon haji ini tidak bisa diisi kembali oleh yang lain, sebab datanya sudah terlanjur masuk di database keberangkatan Indonesia tahun ini yang sudah terekam di Pemerintah Arab Saudi.

"Jadi memang tidak bisa digantikan lagi, sehingga haji Kalsel dipastikan yang berangkat tahun ini kurang 3.050 orang," paparnya.

Menurut Syukeriansyah, untuk persiapan keberangkatan haji Embarkasi Banjarmasin dipastikan sudah siap, baik kesiapan di Asrama Haji di Landasan Ulin menyambut kedatangan calon Tamu Allah SWT itu sejak 6 September 2015 nanti.

"Untuk surat menyurat dan dokumen CJH hampir semuanya, jadi tidak ada permasalahan lagi baik visa maupun paspor," tuturnya.

Dikatakan dia, Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak delapan kelompok terbang (kloter) asal Kalsel, tiga kloter asal Kalimantan Tengah (Kalteng) dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.

"Jadi embarkasi Banjarmasin akan menerbangkan CJH lebih 4 ribu orang sebab kuota haji Kalteng sekitar 1.080 orang," ujarnya.

Diungkapkannya kembali, sebagai mana qur`ah atau pengundian, kloter pertama CJH asal Kota Banjarmasin, kloter kedua gabungan dari Kabupaten Tapin, Balangan, Barito Kuala, dan Banjarbaru. Kloter ketiga dan kloter keempat dari Kalimantan Tengah. Kloter kelima dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Batola, dan Kalteng.

Selanjutnya, kloter keenam dari Kalteng, kloter ketujuh dari Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarmasin. Kloter kedelapan dari Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Banjarbaru, kloter kesembilan dari Tabalong dan Banjarmasin. Kloter kesepuluh full dari Kabupaten Banjar, kloter kesebelas dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Banjarmasin, dan kloter kedua belas dari Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin.

  "Kita minta bagi CJH terus menjaga kesehatan baik rohani dan jasmani menjelang keberangkatan ini, sehingga nantinya dapat masalah saat beribadah di tanah suci, dan pulang dengan haji mabrur," ujarnya. 
   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015