Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mentargetkan akhir tahun 2021 ini seluruh kelurahan yang ada di wilayahnya harus sudah ada memiliki sebuah karang taruna (KT) dalam upaya pembinaan generasi muda setempat.

Hal tersebut diucapkan Wali Kota Banjarmasin di lokasi Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu pagi di saat pengarahan dan wejangan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan Karang Taruna di kawasan tersebut.

Ibnu Sina berada lokasi kawasan wisata ekologi dan wisata sungai pinggiran Kota Banjarmasin tersebut sekaligus start terakhir gowes bareng yang melibatkan puluhan orang, sekaligus giat pembersihan lingkungan yang dipusatkan di Sungai Layung, tak jauh dari Sungai Biuku.

Menurut Ibnu Sina dari seluruh kelurahan yang ada  di Banjarmasin tinggal sembilan kelurahanh yang tidak memiliki karang taruna, oleh karena itu paa akhir tahun ini seluruh kelurahan tersebut sudah membentuk organisasi pembinaan generasi muda itu.

Sementara menyinggung soal Pokdarwir disebutkannya sudah tercatat 20 Pokdarwis yang segera akan pula dikukuhkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin.

Bersamaan itu pula diserahkan puluhanm buah kerajinan tangan berupa kayu bekas yang menjadi souvenir atau  barang cendramata hasil olahan pelajar difabel di kawasan Dharma Praja kilometer 5 Banjarmasin.

Kerajinan berupa gantungan kunci berbentuk binatang biuku tersebut bertuliskan Sungai Biuku. Hal itu hasil kerajinan para penyandang cacat yang dibina oleh anggota Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin saudara Bakti cak.

Ibnu Sina mengapresiasi sekali hasil kerajinan berupa barang oleh-oleh untuk wisatawan Sungai Biuku tersebut yang menurutnya salah satu bentuk Sapta Pesona, karena itu ia menunggu kreativitas yang lain untuk menyemarakkan kunjungan wisatawan.

Dalam kaitan penyemarakan kunjungan wisatawan tersebut, Ibnu Sina berpesan agar seluruh warga bersedia divaksin agar terbentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit covid utnuk seluruh warga yang berujung pada pembukaan kembali objek objek wisata.

"Kita berharap dengan adanya upaya vaksinasi maka ada health immunity bagi warga hingga covid segera hilang dan kondisi masyarakat kembali normal maka seluruh objek wisata bisa dibuka kembali," katanya.



 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021