SMAN 1 Banjarmasin keluar sebagai jawara Cerdas Cermat Matematika (CCM) tingkat SMA se-Kalimantan Selatan dalam rangkaian Dies Natalis ke-36 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Banjarmasin, Kamis.

Di babak final, sekolah unggulan di Kota Banjarmasin itu berhasil mengalahkan MAN 1 Banjarmasin yang harus puas jadi juara kedua dan MA Ni'matul Aziz Barito Kuala di posisi juara ketiga.

Di hadapan dewan juri yang terdiri dari Aminah Ekawati, Benny Nawa Trisna dan Muhammad Fajaruddin Asnan, ketiga finalis yang masing-masing tim beranggotakan tiga pelajar itu berlomba menjawab soal-soal yang ditanyakan dengan sigap dan cepat.
Ketua STKIP PGRI Banjarmasin Dr Dina Huriaty. (ANTARA/Firman)



Ketua STKIP PGRI Banjarmasin Dr Dina Huriaty mengatakan CCM jadi kegiatan unggulan yang terus berlangsung setiap gelaran menyambut Dies Natalis yang bertujuan menggelorakan cinta matematika.

"Karena selama ini matematika jadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian pelajar," tuturnya.

Apalagi STKIP PGRI juga memiliki Program Studi S1 Pendidikan Matematika, sehingga selaras dengan semangat mendongkrak jumlah peminat prodi tersebut bagi pelajar yang baru lulus di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Diketahui kampus pencetak tenaga guru itu saat ini memiliki tujuh program studi yang semuanya terakreditasi B. Selain S1 Matematika, ada S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Seni Tari, S1 Pendidikan Teknologi Informasi dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Ketua PPLP PT PGRI Banjarmasin H Dahri. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua PPLP PT PGRI Banjarmasin H Dahri yang mewakili Badan Penyelenggara Kampus mengapresiasi suksesnya gelaran CCM yang diikuti 54 tim (162 siswa) berasal dari hampir semua daerah di Kalsel.

"Walaupun situasi pandemi, nyatanya antusias peserta justru meningkat. Ini bukti gema Dies Natalis STKIP PGRI dapat dirasakan seluruh pelajar di Kalsel," katanya.

Dahri pun mengajak bagi lulusan SMA sederajat yang berminat menjadi guru dapat memilih STKIP PGRI sebagai kampus yang menyiapkan tenaga guru profesional berkontribusi di masyarakat pendidikan.

Dies Natalis ke-36 STKIP PGRI Banjarmasin diperingati pada 25 November 2021 mendatang dengan mengangkat tema Mewujudkan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021