Bupati Banjar Saidi Mansyur mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih dari Kementerian Kesehatan RI dan berharap dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Banjar.

Hal itu diungkapkan Saidi Mansyur saat menerima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 kategori Padapa, secara virtual di Command Center Manis Martapura, Rabu (17/11) pagi.

Ia mengatakan, melalui program kabupaten/kota Sehat, indikator makro Kabupaten Banjar tercantum dalam RPJMD selaras indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan lingkungan hidup dan penurunan stunting dilaksanakan melalui partisipasi masyarakat.

"Kami atas nama Pemkab Banjar dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas diberikannya Swasti Saba kategori Padapa. Harapan kami bisa semakin tinggi partisipasi masyarakat terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan," ujarnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra mengatakan, penghargaan yang telah diraih tidak lain karena kerja sama tim yang solid yang bekerja keras untuk meraih penghargaan. 

"Semua tidak mudah dan terwujud berkat dukungan teman-teman yang tergabung dalam Forum Kabupaten Sehat melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan yang berbuah penghargaan," ujarnya.

Menurut Tantri, Kabupaten Banjar adalah satu-satunya Kabupaten di Kalimantan yang mendapatkan penghargaan dari 36 kabupaten/kota se Indonesia yang menerimanya dari Kementerian Kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan dr Diauddin menambahkan, penghargaan itu akan memberikan motivasi untuk meraih tingkat yang lebih tinggi selanjutnya di dua tahun mendatang dengan menyiapkan dari sekarang.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono memberikan apresiasi kepada semua peraih penghargaan, antara lain kategori Padapa diraih 7 Kabupaten/Kota, kategori Wiwerda diraih 4 Kabupaten/Kota, dan kategori Wistara diraih 25 Kabupaten/Kota.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021