Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) puji pembangunan dan revitalisasi pasar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Tabalong.

Pujian tersebut saat kunjungan kerja (Kunker)  Komisi II DPRD Kalsel ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong, ujar Humas Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi tersebut melalui WA-nya dari Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin) ibukota kabupaten itu, Rabu (17/11).

Kunker Komisi II itu dalam rangka sinkronisasi terkait dengan program kegiatan di bidang perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabalong atau kabupaten paling utara Kalsel yang berbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut.

Kepala Disdagperin Tabalong Husin Ansari memaparkan terkait program dan kebijakan pada sektor perdagangan dan perindustrian Tahun 2021 di kabupatennya sebagai wilayah pertumbuhan ekonomi di utara Kalsel.

Ia menyatakan terima kasih atas dukung sarana dan prasarana yang bagus, infrastruktur dan sebagai daerah agribisnis di sektor perdagangan dan perindustrian, salah satunya dengan dibangunnya pasar agribisnis untuk mendukung pemasaran hasil pertanian di Bumi Saraba Kawa Tabalong maupun daerah lainnya di Kalsel.
Pertemuan rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin anggotanya H Haryanto dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabalong di Tanjung (237; kilometer utara Banjarmasin), Selasa 16 November 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Kunjungan dari Komisi II DPRD Kalsel, menurut dia,  bermanfaat untuk saling berbagi ilmu dan sharing terkait revitalisasi pasar rakyat. "Apalagi Tabalong merupakan daerah sangat strategis yang nantinya menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru," katanya. 

”Tadi sudah disampaikan pengalaman teman-teman di DPRD bahwa memang ada pasar-pasar yang dibangun namun belum optimal. Dengan adanya diskusi ini kita harapkan upaya maupun terobosan-terobosan jangan sampai pasar yang di bangun tidak termanfaatkan dengan baik," papar Husin.
 
Sementara itu, H Haryanto SE selaku pimpinan rombongan Komisi II menjelaskan, kunjungan ke DisdagperinTabalong terkait dengan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat. 

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengapresiasi atas beberapa pasar yang sudah dibangun dan revitalisasi terutama dalam optimalisasi pasar. 

“Jangan sampai seperti di beberapa daerah pasar yang dibangun tapi tidak maksimal," harap mantan auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tersebut yang terjun ke dunia politik awal tahun 2000-an.
Pertemuan rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin anggotanya H Haryanto dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabalong di Tanjung (237; kilometer utara Banjarmasin), Selasa 16 November 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Laki-laki kelahiran Rembang Purbalingga Tahun 1970 itu menambahkan, beberapa pasar yang dibangun dan revitalisasi di Tabalong semuanya optimal termasuk yang terbaru adalah pasar agribisnis. 

“Ini adalah sebuah terobosan yang patut kita apresiasi," puji Haryanto - wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

Kunker Komisi II yang diketuai Imam Suprastowo (PDI-P), Wakilnya Hj Dewi Damayanti Said SE MM (Golkar) dan Sekretarisnya HM Iqbal Yudianoor SE (PAB) tersebut ke Bumi Saraba Kawa Tabalong dijadwalkan, 15 - 17 November 2021, demikian Humas Setwan Kalsel dalam keterangan persnya.
Foto bersama, usai pertemuan rombongan Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin anggotanya H Haryanto dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabalong di Tanjung (237; kilometer utara Banjarmasin), Selasa 16 November 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021