Barabai, (Antara) - Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, sepakat menolak isu sara dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015.


Ketua KPU Hulu Sungai Tengah (HST), Subhani di Barabai, Rabu mengatakan, kesepakatan menolak isu sara tersebut ditandatangani dalam deklarasi Pilkada damai 2015 di Stadion Murakata Desa Mandingin.

Penandatanganan ini selain dihadiri tiga pasangan calon Bupati HST dan Wakil Bupati HST, Andi Mahmudi, pasangan H Harun Nurasid dan H Aulia Oktafiandi dan pasangan H Abdul Latief dan Chairiansyah.

Selain itu, Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Perwakilan DPRD HST, Kapolres HST AKBP Syahril Saharda, Dandim 1002/Barabai Letkol Infantri Krido Pramono, Kajari Barabai Bambang Marsana, dan Ketua Pengadilan Negeri Barabai H Agus Nazaruddinsyah.

Pembacaan Deklarasi Pilkada Damai Kabupaten HST 2015 ini dipimpin oleh Subhani yang didampingi oleh Ketua Panwaslu Kabupaten HST M Ahsani.

Isi Deklarasi Damai berbunyi bahwa setiap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati HST bisa bekerjasama dengan penyelenggara Pilkada dan pengawas Pilkada.

"Selain itu, para calon juga sepakat untuk tidak mengangkat isu yang berbau sara," katanya.

Selain itu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati HST diminta siap untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif, aman dan damai.

Upaya tersebut, kata dia, bisa dilakukan dengan mengendalikan massa pendukung masing-masing calon untuk selalu sabar mengikuti setiap tahapan Pilkada.

"Masing-masing pasangan juga diminta dapat menerima hasil pleno penyelenggara Pilkada dengan ketentuan dan perundang undangan yang berlaku," katanya.

Selain itu, tambah Subhani, yang terpenting adalah, masing-masing pasangan harus siap untuk dipilih dan tidak dipilih dalam pilkada nanti.

"Siapapun nanti yang terpilih menjadi pemimpin daerah ini, secara transparan dan demokratis, maka para calon lainnya harus mendukung pilihan rakyat tersebut," katanya.

  Usai pembacaan deklarasi, setiap pasangan calon Bupati dan wakil Bupati HST menandatangani piagam deklarasi damai pemilukada HST tahun 2015, begitu juga dengan Forum komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten HST serta Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kabupaten HST.   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015