Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 819 calon tenaga pendamping desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti tes tertulis setelah sebelumnya lulus seleksi administrasi.


Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Tabalong Zulfanoor di Tanjung, Kamis mengatakan, seleksi tertulis dilaksanakan serentak bagi calon tenaga pendamping desa, pendamping kecamatan mencakup administrasi umum dan teknis.

"Calon tenaga pendamping desa yang lulus seleksi administrasi sebanyak 819, tenaga pendamping kecamatan untuk administrasi umum sebanyak 522 dan 12 tenaga teknis kecamatan," jelas Zulfanoor.

Rekrutmen tenaga pendamping desa maupun kecamatan tambah Zulfanoor terkait pelaksanaan program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) yang memerlukan pengelolaan anggaran maupun perencanaan yang baik.

Para calon tenaga pendamping desa maupun kecamatan ini harus melewati tahapan seleksi dari kelengkapan administrasi, tes tertulis hingga wawancara.

Tenaga pendamping desa yang dibutuhkan sebanyak 121 orang (Sesuai jumlah desa), 12 tenaga pendamping
kecamatan (Administrasi umum) dan 12 tenaga teknis.

Dalam seleksi tertulis yang dilaksanakan satu hari di lima lokasi para peserta diuji wawasannya terkait pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat hingga perencanaan untuk formasi tenaga teknis kecamatan.

Tahun ini program Gerbang Emas dilaksanakan di 24 desa melalui dana APBD induk 2015 dan tambahan 12 desa melalui APBD perubahan.

"Tenaga pendamping desa bertugas mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat," jelas Zulfanoor.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015