Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan bertekad meningkatkan prestasi dicabang olahraga renang karena dicabang ini Atlet Atlet Renang daerah itu dinilai masih minim prestasi disamping cabang olahraga ini dan menjanjikan banyak medali diajang perlombaan.


Ketua KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H Barkati di Amuntai Selasa mengatakan cabang renang memiliki jumlah medali cukup banyak diajang pekan olahraga provinsi.

"Pada dua kali ajang Porprov terakhir atlet renang HSU tidak memperoleh medali padahal cabang olahraga ini menyediakan 38 medali emas," Ujar Barkati.

Barkati mengatakan seiring rampungnya pembangunan fasilitas kolam renang di Stadiun Karias diharapkan pembinaan atlet renang meningkat.

KONI mengawali langkahnya dengan menggelar kejuaraan renang tingkat pelajar seiring memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 70.

Meski hanya menggelar satu gaya renang yakni 500 meter gaya bebas, Barkati berharap kejuaraan renang yang diikuti sebanyak 55 pelajar sekolah dasar, 18 pelajar SLTP dan 9 pelajar SLTA ini bisa menjadi motivasi bagi pembinaan dan menggali bibit atlet renang.

Barkati menuturkan, meski Kabupaten HSU minim prestasi atlet renang, namun atlet cabang olahraga lainnya telah berkiprah diajang event nasional seperti cabang panahan, sepak takraw dan golf.

"Untuk tingkat pelajar sebanyak tiga atlet kita dicabang panahan, takraw dan golf kini tengah menjalani pemusatan pelatihan di Banjarmasin untuk mengikuti ajang Popnas di Bandung Jawa Barat," tuturnya.

Bupati HSU Abdul Wahid saat membuka kejuaraan renang tingkat pelajar ini menyatakan Pemerintah Daerah selalu siap mendukung pengembangan bidang olehraga.

"Berbagai fasilitas olahraga telah kita bangun salah satunya kolam renang selain untuk persiapan sebagai tuan rumah Porprov di masa mendatang juga untuk meningkatkan prestasi atlet kita," kata Wahid.

Wahid yang pada kesempatan itu resmi menyematkan nama Tirta Agung Kencana untuk nama kolam renang yang baru dibangun di Kawasan GOR Sungai Karias ini juga menjanjikan akan membangun fasilitas kolam renang bagi anak usia dini dikawasan tersebut.

"Semoga dengan bertambahnya fasilitas kolam renang ini selain sebagai sarana rekreasi keluarga juga bisa meningkatkan bakat atlet renang HSU kedepannya," tandas Wahid./ Eddy Abdillah

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015