Sebanyak 12 atlet National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan dari tuna netra menjadi andalan di cabang olahraga Judo pada ajang Paralympic Nasional (Peparnas) ke-XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

Cabang olahraga Judo menjadi pertama diikuti kontingen NPC Kalsel pada ajang olahraga bergengsi nasional bagi kaum disabilitas tersebut, yakni, di Paparnas Papua.

"Meski baru pertama kali ke ajang nasional, tapi kita optimis para atlet kita bisa meraih prestasi di Paparnas Papua ini," ujar Pelatih NPC Kalsel cabang olahraga Judo, M Ricky Fajar saat dihubungi di Papua.

Menurut dia, para atletnya yang diturunkan pada Paparnas Papua ini ada sepuluh putra dan dua putri. Semuanya kaum tuna netra.

Adapun para atlet yang diturunkan itu, kata dia, untuk putra adalah Nor Hasan klasifikasi B13/R pada kelas 50 Kg, Lutfi Gazali Rahman klasifikasi B12/R pada kelas 50--55 Kg, Zainal Abidin klasifikasi B12/R pada kelas 55--60 Kg.

Selanjutnya, Syahrudin klasifikasi B13/R pada kelas 60--66 Kg, Surianto klasifikasi B11/C pada kelas 66--73 Kg, M Pihani klasifilasi B11/C pada kelas 73--81 Kg, Dhedy  Stiawan klasifikasi B11/C pada kelas 82--90 Kg.

Kemudian, Imam Al Faraok pada kelas 90 ke atas. Sementara itu sebagian mengikuti beregu putra, diantaranya Santuso klasifikasi B11/R, Harinadi Ahmad klasifikasi B11/C dan Sigit Kurniawan klasifikasi B11/C.

Adapun untuk atlet putri adalah Salma Ayu klasifikasi B13/R pada kelas 57--63 Kg dan Annisa Anindya klasifikasi B13/R pada kelas 63--73 Kg.

"Semua atlet kita sudah siap bertanding, kita sudah uji coba lapangan pertandingan, demikian juga penyesuaian kondisi alam di sini," tuturnya.

Dia pun menyampaikan, target memeng tidak mematok tinggi, yakni, hanya satu medali emas, tapi optimis bisa lebih dari itu jika melihat semangat anak asuhnya kini.

"Saat ini motivasi dan semangat menang terus kita gelorakan kepada mereka, untuk mental saya rasa semua baik," ujarnya.

Dijadwalkan, kata Ricky Fajar, pertandingan akan dilangsungkan pada 8 November 2021.

"Kita mohon doa dan dukungan para atlet kita bisa mengharumkan nama daerah di sini," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, kontingen NPC Kalsel untuk Peparnas Papua ini menurunkan sebanyak 135 atlet pada 10 cabang olahraga, dengan target 35 medali emas.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021