Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Tanah Laut  Tahun 2021, di Balairung Tuntung Pandang pada (1/11). 

"Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan tempat pemeliharaan kesehatan masyarakat dari masyarakat, oleh dan untuk masyarakat, sehingga kehadirannya menjadi wujud kesadaran dan kepedulian dari masyarakat,"ujar Kegua Tkm Penggersk PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta.

Kegiatan Jambore Kader Posyandu Tahun 2021 se-Kabupaten Tanah Laut bertujuan menyiapkan kader-kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar semakin terampil dan dapat menambah kapasitas pengetahuan kader,  sehingga mampu meningkatkan kesehatan masyarakat.

Lomba kali ini, sebut dia,  diikuti 77  peserta berasal dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut.

"Lomba  kali ini berupa,  lomba penyuluhan dengan tema keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana, lomba membuat dan menampilkan yel-yel dengan tema pencegahan perkawinan dini dan lomba membuat vlog dengan tema PKK keren tanggap dan tangguh bencana, cegah penularan COVID-19 dengan protokol kesehatan,"terangnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut HM Sukamta usai membuka Jambore Kader Posyandu se-Tanah Laut mengatakan, Posyandu merupakan titik sentral dalam penanganan stunting yang sekarang menjadi fokus pemerintah pusat dalam rangka membangun generasi tangguh di tahun 2045.

"Garda terdepan kita untuk menurunkan stunting adalah kader-kader posyandu," ujar Sukamta.

Sukamta menerangkan, ada tiga tugas utama kader posyandu, khususnya di Kabupaten Tanah Laut,  yaitu penanganan stunting, menurunkan angka kematian ibu dan menurunkan angka kematian bayi.

"Saya berharap melalui jambore ini kualitas kader posyandu menjadi meningkat dan menjadi barisan terdepan untuk menurunkan stunting, sehingga mampu membangun generasi yang tangguh,"harapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Tanah Laut  Yati Oktoviana Abdi Rahman yang juga selaku Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanah Laut, Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Tanah Laut Hj Rachmalina Dahnial Kifli yang juga selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Laut.

Selain itu, juga hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Laut H Bambang Kusudarisman, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut  Hj Nina Sandra serta para perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tansh Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021