Shafa Nur Annisa, Puteri Cilik Kalimantan Selatan asal Kabupaten Tapin siap perkenalkan wisata religi muslim, alam serta produk kerajinan tangan khas asal daerahnya ke tingkat nasional di Jakarta. 

Daerah kelahiran Shafa di Tapin memiliki wisata religi yang dikenal banyak orang, misalnya makam Datu Suban, Datu Sanggul, Datu Nuraya, Datu Ganun, Datu Aling, Datu Muning, Datu Qabul, Datu Gadung dan Ba'ayun Maulid di mesjid keramat Banua Halat. 

Begitu juga dengan wisata alam seperti rentetan pegunungan Meratus, gua Batu Hapu, gua Baramban serta kerajinan tangan misalnya purun, jangang, rotan dan kain sasirangan. 

"Dalam kesempatan ini saya selaku finalis Puteri Cilik Indonesia akan memperkenalkan apa yang ada di Tapin ke tingkat nasional awal November akan datang," ujarnya. 

Dilihat data di Kalsel, kunjungan wisatawan kategori nusantara tercatat Januari - Oktober 2021 mencapai angka 2.598.966 juta orang. Kunjungan ke Tapin sebanyak 508.836 orang, di bawah Kabupaten Banjar yang menjadi urutan pertama kunjungan terbanyak. 

Kunjungan wisatawan nusantara ke Tapin itu didominasi menuju ke wisata religi.

"Beberapa wisata terletak di satu kecamatan sehingga sangat mudah untuk dikenalkan maupun dikembangkan," ujarnya, menilai. 

Misi Shafa di kontes nasional dengan memperkenalkan potensi yang ada di Tapin, diniatkan nantinya dapat menarik lebih banyak wisatawan yang berujung kepada peningkatan ekonomi masyarakat. 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021