Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan kembali menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kintap. 

Kegiatan bertujuan untuk menguatkan ideologi dan nilai kebangsaan sekaligus mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme tersebut,  di Aula SMAN 2 Kintap, Selasa (26/10).

Penyuluhan wawasan kebangsaan tersebut membawakan materi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Materi disampaikan oleh Sekretaris Umum Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tanah Laut  H Rusli Al Khairi dan Sersan Sugiono Batuud dari Koramil Kintap 1009-06-Kintap.

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Tanah Laut  Supinal Anwar mengatakan,  kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada generasi muda guna menangkal masuknya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

Dia juga terus mengajak generasi muda untuk semangat mencintai Tanah Air Indonesia.

“Adanya kegiatan ini, agar anak-anak sekolah dan pelajar sebagai generasi muda bisa mengerti wawasan kebangsaan dan terus menggelorakan ideologi bangsa Pancasila,” kata Supinal Anwar.

Materi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, jelas dia, menjadi modal pembangunan bangsa yang majemuk dan pluralisme di Kabupaten Tanah Laut. 

Pemahaman menyeluruh terhadap materi tersebut, papar dia,  merupakan suatu keharusan dan kebutuhan oleh siswa-siswi dan seluruh pengurus sekolah.

Salah seorang peserta penyuluhan  Norhafizah mengakui banyak mendapat ilmu dan wawasan dengan adanya kegiatan tersebut.  

Dia pun berharap, kegiatan bisa rutin diagendakan oleh Badan Kesbangpol Tanah Laut.

“Kegiatan ini sangat bagus, semoga dengan kegiatan ini bisa menambah pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan Pancasila,” kata Norhafizah.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanah Laut kembali menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kintap Selasa (26/10).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021