Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 132 jemaah calon haji Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menjalani manasik yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama setempat sebagai tahapan sebelum diberangkatkan ke tanah suci.


Kepala Kantor Kemenag Banjarbaru Zainal Ilmi di Kota Banjarbaru, Jumat mengatakan, manasik merupakan rangkaian ibadah haji yang wajib diikuti jemaah calon haji.

"Setiap jemaah harus mengikuti manasik baik yang dilaksanakan di kecamatan maupun di tingkat kota karena menjadi bekal pengetahuan setiap jemaah," ujarnya.

Disebutkan, manasik tingkat kota itu dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas Komplek PT PLN Kalselteng Banjarbaru, Kamis (6/8) dihadiri Wali Kota Ruzaidin Noor dan Ketua MUI Nafiah Muhja.

Ia mengatakan, setiap jemaah calon haji menjalani manasik sebanyak enam kali yakni dua kali dilaksanakan di tingkat kecamatan dan empat kali dilaksanakan Kemenag setempat.

Dijelaskan, pihaknya sudah dua kali melaksanakan manasik dan diikuti seluruh jemaah calon haji yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Jemaah calon haji yang sudah melunasi BPIH sudah terdaftar sebagai calon haji sehingga tinggal menunggu keberangkatan yang jadwalnya sudah ditetapkan pemerintah," ucapnya.

Menurut dia, sesuai jadwal, jemaah calon haji Banjarbaru diberangkatkan antara tanggal 7-17 September 2015 yang masuk dalam gelombang kedua melalui Embarkasi Banjarmasin.

"Melihat jumlahnya yang belum memenuhi satu kelompok terbang, dipastikan calon haji Kota Banjarbaru bergabung dengan jemaah calon haji kabupaten atau kota lain," ujarnya.

Dikatakan, jumlah jemaah calon haji Banjarbaru yang diberangkatkan tahun 2015/1436 Hijriah berkurang jika dibanding tahun lalu yang jumlahnya sebanyak 137 orang.

"Rinciannya, 92 orang berasal dari Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Banjarbaru Utara, 18 orang dari Cempaka, 16 orang dari Landasan Ulin dan enam orang dari Liang Anggang," katanya

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015