Sebanyak 19 tim pemural di Kalimantan Selatan (Kalsel) meramaikan kegiatan Bhayangkara Mural Festival (BMF) 2021 yang diselenggarakan Mabes Polri dan serentak di seluruh Polda memperebutkan piala Kapolri.

"Alhamdulillah para pegiat mural di Kalsel cukup antusias mengikuti lomba edisi perdana ini," kata Kasubbid PID Bidang Humas Polda Kalsel Pembina TK.I Hamsan di Banjarmasin, Selasa.

Dijelaskan dia, satu tim peserta terdiri dari satu atau maksimal dua orang. Setiap timnya bakal menunjukkan karya terbaiknya dalam seni melukis pada dinding.

Untuk tingkat Polda Kalsel, ada 18 tim yang beradu pada 30 Oktober 2021 mendatang. Panitia menyiapkan 20 dinding di area kolam renang SKB Mulawarman Banjarmasin sebagai media lukisnya.

Sedangkan satu tim lainnya terpilih untuk mengikuti di tingkat Mabes Polri. Mereka bersaing menunjukkan kemahirannya dengan para muralis yang datang dari 34 provinsi.

BMF 2021 mengangkat tema “Peran Generasi Muda Untuk Berkreasi Dalam Penyampaian Informasi Yang Positif Di Masa Pandemi COVID-19”.

Sedangkan untuk sub tema di antaranya “Peduli Sesama Di Masa Pandemi COVID-19", "Bersama Garis Prokes", Indonesia Sehat Dan Kuat", "Bebas Dari COVID-19", dan "Bersama Menjaga Indonesia".

Hamsan mengungkapkan lomba mural bertujuan memberikan ruang kepada seniman mural agar dapat mengalurkan bakatnya di panggung yang tepat.

"Jadi kami berharap jangan ada lagi corat-coret di dinding yang tidak semestinya, sehingga merusak pemandangan. Pastikan juga karya mural bersifat positif dan edukatif," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021