Anggrek Bulan khas Balangan siap menjadi sentra wisata setelah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Balangan resmi terbentuk.

Ketua PAI DPC Kabupaten Balangan Sri Huriyati Hadi di Paringin, Senin, mengatakan bahwa Kabupaten Balangan memiliki banyak jenis tanaman beragam salah satunya yaitu memiliki Anggrek Bulan lokal yang berasal dari Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Selain itu, ia berharap dengan resmi terbentuknya DPC PAI Balangan, tanaman Anggrek Bulan di Balangan dapat dikembangkan tidak hanya di rumah-rumah saja, tetapi bisa dimanfaatkan sebagai sentra wisata anggrek.

"Mudah-mudahan kita bisa lebih membudidayakan anggrek di Balangan, supaya bisa bernilai ekonomis dan menambah PAD kita dengan menarik wisatawan untuk datang ke Balangan," harapnya.

Ketua PAI Kalimantan Selatan Aida Muslimah Rosehan, mengucapkan selamat atas terbentuknya PAI DPC Balangan yang nantinya harus ditindak lanjuti dengan implementasi perkembangan ke depan di Kabupaten Balangan.

Dia melanjutkan, dengan adanya PAI di Balangan kiranya bisa dijadikan sebagai pelindung bersama pemerintah daerah untuk membina masyarakat serta merangkul para pegiat agar anggrek lokal bisa tetap terjaga kelestariannya.

"Potensi anggrek di Balangan sangat luar biasa dan kita sudah beberapa kali survei langsung ke habitatnya, karena sudah terbentuk kepengurusannya sehingga bisa dikelola langsung untuk menjaga kelestarian Anggrek Bulan agar terpelihara dengan baik. Serta tidak mudah untuk orang datang mengambil dan menjualnya kembali," tukasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021