Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Rudi Ismanto mengatakan moderasi beragama merupakan program  penting dalam membangun perdamaian dan menghargai kemajemukan demi mewujudkan sikap toleran kepada umat manusia tanpa diskriminasi. 

Menurut Rudi Ismanto, peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama perlu disosialisasikan, mengingat pentingnya wawasan kebangsaan untuk masyarakat.

"Artinya kita ini satu dan tidak terpecahkan, sehingga perlu disosialisasikan betapa pentingnya menjaga persatuan agar tidak terjadi konflik antarumat beragama,"ujar Kepala Badan Kesbangpol Tanah Laut Rudi Ismato, pada penyuluhan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Laut, Senin (18/10).

Kepala Badan Kesbangpol Tanah Laut juga menambahkan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat berperan penting dalam pencegahan penyimpangan sosial terjadi di masyarakat, salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba.

"Mengapa turut juga disampaikan tentang penyalahgunaan narkoba,  karena perang yang terjadi antarnegara itu bukan lagi secara fisik, namun bangsa kita diserang secara mental melalui narkoba," terangnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Laut  Rusdi Hilmi menjadi salah satu narasumber  menjelaskan, masyarakat harus mengetahui tentang Tri Kerukunan Umat Beragama.

"Tri Kerukunan Umat Beragama berua,  kerukunan internal umat beragama lalu kerukunan antarumat beragama yang artinya kerukunan pemeluk agama satu dengan pemeluk agama yang lain dan yang ketiga yaitu kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah,"papar Rusdi Hilmi.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021