Anggota Kodim 1001/HSU-BLG bersama warga Desa Gunung Manau Kecamatan Batumandi bersinergi membangun jalan dalam rangka kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 1001/HSU-BLG.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi mengatakan, saat ini para anggota terus menjalankan proyek yang menjadi kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 1001/HSU-Balangan. Mereka bersama-sama bergotong royong agar pengerjaan selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

"Tentunya dalam pelaksanaan ini terdapat kendala yang dihadapi oleh para anggota dan warga, apalagi ketika hujan tiba. Maka alat berat bahkan angkutan untuk material pun tidak bisa mencapai lokasi," kata Dandim di Paringin, Senin.

Diketahui, Karya Bakti TNI yang dilaksanakan oleh Kodim 1001/HSU-BLG kali ini ialah meningkatkan jalan desa yang sebelumnya merupakan tanah merah dan kawasan dataran tinggi.

Sehingga apabila hujan, jalan pun licin dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan.

"Setiap hari para anggota TNI dan masyarakat terus bekerja, bahkan land clearing sudah kami lakukan yang panjangnya mencapai 1.403 meter dan lebar empat meter," tuturnya.

Pada pelebaran jalan, tiga meter di antaranya akan dilakukan pengecoran. Sementara satu meter sisanya digunakan sebagai jalan alternatif bagi warga yang masih melintas setiap harinya.

Karena ujarnya, jalan tersebut merupakan akses satu-satunya warga setempat untuk ke kebun, para pekerja pun membuatkan jalan alternatif. Sehingga memudahkan masyarakat setempat untuk lewat.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Karya Bakti TNI Pasiter Kodim 1001/HSU-BLG Kapten Inf Mahmud Dalli, sangat aktif melakukan pengawasan pada pengerjaan peningkatan jalan tersebut. Selain memantau perkembangannya, ia juga secara langsung ikut membantu anggota TNI dan warga yang bekerja.

Pasiter menyebutkan, pihaknya sangat memanfaatkan waktu untuk pelaksanaan peningkatan tersebut. Apalagi saat cuaca mendukung, maka pengerjaan bisa dimaksimalkan. Sementara saat hujan melanda terpaksa harus istirahat, karena material pun tak bisa disalurkan ke area yang dikerjakan.

Hujan tak terelakkan menjadi satu kendala dalam pelaksanaan karya bakti tersebut. Namun tidak melunturkan semangat pada anggota TNI dan masyarakat yang bekerja untuk warga.

"Melalui program Karya Bakti TNI ini, nanti hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Gunung Manau dalam mengangkut hasil perkebunan mereka," ucap Mahmud Dalli.

Tentunya, apabila kondisi jalan sudah baik apalagi sudah dicor dan bukan lagi jalan tanah merah yang licin, diharapkan dapat mengurangi biaya angkut bagi para petani.

Terlebih terangnya, saat ini pengecoran jalan telah dimulai. Pengerjaan pun sudah mencapai puluhan meter.

"Terlepas dari itu, selain pengerjaan fisik kami juga menjalankan program nonfisik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Di antaranya bakti sosial dan penyuluhan," pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021