Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Willayah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan ternyata menyimpan kandungan minyak bumi yang terdapat hampir di seluruh  wilayah kecamatan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam HSU, Muhammad Rafiq di Amuntai Kamis mengatakan potensi kandungan minyak bumi ini pernah terdeteksi di semua wilayah kecamatan atau 10 kecamatan di HSU.

"Pihak PT Pertamina akan meneliti apakah kandungan minyak bumi di wilayah Kabupaten HSU bisa dieksplorasi," katanya.

menurut Rafiq, berdasarkan hasil penelitian  Zaman Belanda, diperoleh potensi kandungan minyak bumi di enam kabupaten di Kalsel.

"Potensi yang diteliti waktu itu paling banyak di wilayah Kabupaten HSU yakni diketahui di 10 wilayah kecamatan," tandasnya.

Potensi minyak bumi, tutur Rafiq berdasarkan sumber data kajian di Zaman Belanda paling luas dan merata ditemukan di semua wilayah kecamatannya.

Dikatakan, jika di kabupaten lain, potensi kandungan minyak bumi yang terdeteksi hanya pada dua dan tiga wilayah kecamatan, tapi di Kabupaten HSU terdapat di semua kecamatan.

"Saat ini pihak Pertamina masih meneliti potensi minyak bumi ini khususnya menemukan kawah atau cekungan serta lokasi yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk dieksplorasi," tutur Rafiq.

Dikatakan Rafiq dari hasil penelitian kandungan minyak bumi yang diteliti di Zaman Belanda tersebut, hanya kandungan minyak bumi di Wilayah Kabupaten Tabalong yang sudah ditemukan dan dieksplorasi.

Selain diprediksi memiliki potensi kandungan minyak bumi, Kabupaten HSU juga memiliki potensi kandungan bijih besi.

Bongkahan bijih besi, lanjut Rafiq pernah ditemukan diwilayah Kecamatan Paminggir. Namun potensi ini juga belum dikembangan secara serius.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015