Balangan - (Antaranews Kalsel) - Akhirnya, dari lima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan, Kalsel, periode 2015 - 2020 yang semula akan bersaing memperebutkan kepemimpinan pemerintahan di bumi sanggam, kini hanya tersisa empat pasangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat Aidinnor kepada Antara mengatakan, hanya empat pasangan yang mendaftar dan berkasnya diterima oleh KPUD setempat.

"Keempat pasangan bakal calon tersebut diantaranya, Dimas Febriandie dan HM Yusuf A , H Ansharuddin dan H Saifullah, serta dua pasangan dari jalur Independen H Suhardi dan H Syabirin serta pasangan H Riduan Darlan dan H Rusli Abbas," katanya.

Aidinnor menjelaskan, tahapan pendaftaran di KPUD yaitu pendaftaran pasangan calon dari 26 - 28 Juli 2015, kemudian pemeriksaan kesehatan pasangan calon 26 Juli - 1 Agustus 2015.

Selanjutnya penelitian syarat pencalonan 28 Juli - 3 Agustus 2015, lalu penetapan pasangan calon tanggal 24 Agustus 2015, dan pemungutan suara serentak pada 9 Desember 2015.

Sebagaimana diketahui tambah Aidinnor, Pilkada tahun 2015 akan digelar serentak bagi 260 kabupaten dan kota serta 9 provinsi. Total ada 269 Pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember nanti se Indonesia.

Sebelumnya, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi dan Nasruddin berencana maju dengan dukungan PPP dan PAN, namun akhirnya mengundurkan diri, dimana PPP merapat ke pasangan H Ansharuddin - H Syaifullah dan PAN merapat ke pasangan Dimas Febriandie - HM Yusuf A.

Pasangan Dimas Febriandie dan HM Yusuf A diusung oleh partai PKS, PKPI, PAN dan Gerindra sebanyak delapan kursi.

Dan pasangan H Ansharuddin dan H Syaifullah diusung oleh partai PPP, PDIP, Nasdem, PBB, PKB, dan Hanura sebanyak 12 kursi.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015