Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Keberangkatan calon jamaah haji (CJH) dari Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, musim haji 2015 atau 1436 Hijriah, dijadualkan mulai 7 September ini. 


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalsel H Muhammad Tambrin, Selasa, mengungkapkan, kloter pertama mulai masuk asrama haji di Jalan A Yani KM 25, Landasan Ulin, Banjarbaru pada 6 September dan diberangkatkan sehari setelahnya, yakni, 7 September.

"Untuk kloter daerah mana yang akan pertama berangkat, seperti biasa akan kita gelar rapat qur`ah (undian) nantinya," ujarnya.

Sementara ini, ucap dia, Kemenag Kalsel akan mengikuti rapat qur`ah terkait pemondokan haji di Kementerian Agama RI pada 30 Juli sampai 1 Agustus 2015 di Jakarta.

Terkait kuota haji Kalsel yang berangkat tahun ini, Tambrin memastikan sesuai kuota, yakni, 3.050 orang.

"Adapun masih adanya 48 kuota kursi haji daerah ini yang pada pelunasan biaya perjalan ibadah haji (BPIH) tahap pertama dan tahap kedua tidak terpenuhi , diserahkan kepada CJH cadangan yang sudah melunasi lebih awal," terangnya.

Dibeberkan dia, bahwa tahapan haji saat ini sedang proses pembuatan paspor dan pervisaan yang akan diurus Kementerian Agama pusat.

Dia mengharapkan, para CJH yang mendapat giliran berangkat haji tahun ini agar terus menjaga kesehatan, supaya niat berangkat menjalankan ibadah di tanah suci Makkah dan Madinah berjalan lancar dan menjadi haji yang mabrur.

Diungkapkan Tambrin, bahwa niat menjalankan kewajiban pergi beribadah ke tanah suci saat ini cukup berat dan harus penuh kesabaran, sebab harus menunggu sekian lama baru tercapai.

  Di Kalsel, tutur dia, antrian calon jamaah haji yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 78 ribu orang, tertanggal 15 Juli ini, sehingga bisa diperkirakan sekitar 24 tahun masa tunggu kalau mendaftar saat ini.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015