Direktorat Kursus dan Pelatihan serta Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI kerjasama dengan LPK Zona Computer gelar program Pendidikan Kecakapan kerja (PKK) jenis keterampilan komputer aplikasi perkantoran office di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang (Kabid) Bina Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten HST, Dra Hj Meldawati dengan mengalungkan id card kepada peserta di salah satu hotel di Kota Barabai, Selasa (12/10).

Turut berhadir pada kegiatan itu Kabid Pengembangan Pelatihan dan Penempatan Kerja Dinas PM PTSP dan Naker, Zainal Abidin dan perwakilan mitra DUDI dari CV. Atiga Multi Karya, Ahmad Yani. 

Pimpinan LPK Zona Komputer Misbah menyampaikan kerjasama tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan kerja masyarakat khususnya di bidang komputer.

"Pelatihan ini berlangsung selama tiga bulan dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang dari perwakilan Kecamatan Barabai, BAS, BAT, Batu Benawa, Hantakan dan Pandawan," katanya.
 
Pembukaan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh LPK Zona Computer di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa (12/10/2021). ANTARA/M. Taupik Rahman

Menurutnya, peserta pelatihan juga gratis dan setelah tiga bulan akan magang di beberapa instansi pemerintahan maupun swasta agar mereka mendapatkan pengalaman kerja dan mengaplikasikan hasil dari pelatihan yang diikuti.

Kabid Bina Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten HST, Dra Hj Meldawati menyampaikan ucapan terimakasih kepada LPK Zona Computer yang bekerjasama dengan Kemendikbud melatih warga HST agara terampil dan mahir di bidang komputer. "Saat ini keterampilan dan pengalaman di bidang komputer selalu menjadi syarat saat mereka membuka lowongan kerja," katanya.

Ia berpesan kepada peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan memanfaatkan semaksimal mungkin agar ilmu yang didapatkan nantinya benar-benar berguna untuk diri sendiri maupun instansi yang merekrut.

"Kalau ingin mendapatkan pekerjaan, kalian memang harus benar-benar terampil, karena instansi atau perusahaan pasti mencari orang-orang yang berkopentensi," tukasnya.

Ia juga berharap agar LPK Zona Computer semakin maju dan jaya serta dapat mengambil peluang kerjasama dengan berbagai pihak dalam turut serta memajukan SDM di Kabupaten HST melalui berbagai kegiatan pelatihan keterampilan kerja.
 
Pemasangan id card tanda peserta pada pembukaan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh LPK Zona Computer di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa (12/10/2021). ANTARA/M. Taupik Rahman (ANTARA/M Taupik Rahman)

Baca juga: Banyak guru honorer di HST tidak lulus tes PPPK
Baca juga: RSHD Barabai dilengkapi ruangan khusus perawatan gangguan jiwa
Baca juga: Rusak parah, warga Desa Haruyan Dayak dan Babinsa bangun jembatan darurat

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021