Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan, sebuah kabar gembira bagi warga provinsi ini karena perjalanan ibadah umroh akan dibuka lagi.

"Kabar yang menggembirakan bagi warga Kalsel ini," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Rusbandi di Banjarmasin, Minggu.

Menurut dia, warga Kalsel termasuk jamaah umroh terbanyak di negeri ini, hingga adanya kabar Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan membuka lagi umroh bagi warga Indonesia, tentunya disambut kegembiraan sangat.

"Sebab kan hampir dua tahun ini ditutup karena pandemi COVID-19," tutur Rusbandi.

Dia pun menyampaikan, sebagai institusi vertikal tentunya Kemenag Kalsel juga menunggu kebijakan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI.  

"Jika memang sudah ada kepastian hasilnya, biasanya akan ada rilis informasi dari Kemenag RI baik dalam bentuk surat maupun siaran pers," turur Rusbandi.

Namun menurut dia, perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia yang disampaikan melalui nota diplomatik kerajaan Arab Saudi tersebut merupakan bagian hasil dari pembahasan yang cukup lama pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan Menteri Agama. 

Kendari demikian belum disebutkan kapan kepastian tanggal dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia. Demikian juga mengenai detail teknis pelaksanaannya, 

"Jadi boleh saja kita sambut gembira kabar tersebut, namun untuk bagaimana teknis pelaksanaannya dan kapan waktunya kita tunggu saja hasil pembahasan dan koordinasi
Yang dilakukan Kemenlu dengan Kemenag dan Kemenkes serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru tersebut," tuturnya.

"Kita tunggu saja hasilnya, secara mendetail terkait teknis pelaksanaannya serta upaya dan pengaturan apa saja yg akan diberlakukan Arab Saudi dalam rangka meminimalisir hambatan dalam pelaksanaan umrah tersebut," demikian kata Rusbandi.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021