Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut  meluncurkan Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis online sekaligus implementasi aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswakeudes) untuk Pemerintah Desa (Pemdes), di Aula Pencerahan Bappeda Tanah Laut, Kamis (7/10).

Peluncuran apliksi tersebut guna mempercepat proses pelaksanaan pengawasan keuangan desa serta terciptanya penyelenggaraan pemerintahan kabupaten Tanah Laut yang akuntabilitas dan transparansi,

Peluncuran yang dilakukan Bupati Tanah Laut  HM Sukamta dan disaksikan langsung Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tumpak Haposan Simanjuntak,  Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggara Keuangan Daerah Raden Suhartono, Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Uding Juharudin, para pejabat lingkungan Pemkab Tanah Laut  serta para kepala desa se-Tanah Laut  secara daring. 

HM Sukamta mengatakan,  selama ini Pemkab Tanah Laut  telah lama menginginkan sistem terintegrasi antara sistem keuangan desa dengan sistem pengawasan keuangan pada Inspektorat Kabupaten Tanah Laut, sehingga terciptanya penyelenggaraan pemerintahan akuntabilitas dan transparan.

“Pengelolaan keuangan betul- betul terjaga dan dapat mendeteksi secara dini serta bisa memetakan desa mana yang kompeten dalam mengelola keuangan dan bisa mempertanggungjawabkan keuangan desa,”ujar bupati.

Bupati mengapresiasi atas launchingnya aplikasi Siskeudes dan Siswakeudes dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerja sama dengan Kemendagri.
    
“Dana desa begitu besar memang memerlukan sistem pengelolaan dan pelaporan keuangan mumpuni dan mudah digunakan oleh pemdes. Dengan adanya Siskeudes mempermudah membuat laporan keuangan desa dan mudah diawasi penggunaannya," sebut HM Sukamta.

Selain launching aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes, juga dilakukan penyerahan piagam prestasi dari BPKP kepada Inspektorat Tanah Laut yang telah mencapai kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3. 

Penyerahan piagam tersebut dilakukan Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Rudy Mahani Harahap kepada Bupati Tanah Laut  HM Sukamta. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021