Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, meninjau langsung lokasi musibah sekaligus menyerahkan bantuan santunan, di Kandangan Hulu, Kelurahan Kandangan Kota.

Ia mengatakan, turut berduka cita yang mendalam atas peristiwa yang terjadi dan mengakibatkan satu korban jiwa, dan tentu keluarga merasa sangat kehilangan dengan kepergian almarhumah, namun begitulah musibah yang datang harus diterima dengan ikhlas.

"Kita juga mengerti, bukan keluarga tidak sayang, namun almarhumah tidak mau diajak tinggal bersama keluarga, sebagaimana orang tua pada umumnya mungkin lebih nikmat tinggal sendirian," katanya, saat berdialog dengan keluarga korban, Kamis (7/10).

Tak lupa, pihaknya juga mendo'akan almarhumah, Nenek Nurmah yang meninggal dalam musibah tersebut agar mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT.

Pemerintah daerah dalam hal ini mencoba untuk membantu dengan memberikan santunan, sesuai kemampuan keuangan daerah, untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

Dan dalam kesempatan ini diserahkan pula akta kematian almarhumah, selain untuk Nenek Nurmah, bantuan serupa juga diberikan kepada Ratmi Sylvia, selaku pemilik rumah yang selama ini ditempati atau disewa oleh korban.

Keponakan almarhumah, Ancul, mengatakan sebelum kejadian Nenek Normah tetap melakukan aktifitas seperti biasa dan kondisinya sehat wal'afiat.

Menurut dia, sudah sering diajak untuk tinggal bersamanya namun selalu menolak, almarhumah lebih senang hidup sendiri, melakukan aktifitas sendiri seperti memasak, makan dan belanja ke warung.

"Terkadang kerap juga diantari makan, yang memang tempat tinggal almarhumah dengan kami berdekatan," katanya, dalam keterangan.

Diketahui sebelumnya, peristiwa kebakaran di Kandangan Hulu, Kelurahan Kandangan Kota terjadi kemarin lusa, walau hanya menghanguskan satu buah rumah, namun telah merenggut 1 korban jiwa atas nama Nenek Nurmah, yang telah berusia lanjut.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, Kepala Satpol PP dan Damkar, H. Iwan Priyadi, Camat Kandangan Kota, Lothvie Rahmani, dan Plt Lurah Kandangan Kota dan Jajaran Dinas Sosial serta Satuan Tagana HSS.

Baca juga: Penerima bansos APBD dan desa di HSS wajib divaksin

Baca juga: Bupati HSS launching bansos Rastrada dan serahkan bantuan COVID-19

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021