Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, menerima silaturrahmi dari Panitia Pelaksana (Panlak) Hari Santri Nasional Kabupaten HSS tahun 2021, di di ruang kerjanya.

Ketua ketua Ikatan Pondok Pesantren Indonesia HSS, Ustadz M Ubaidillah, di Kandangan, Rabu (6/10), mengatakan pihaknya dari panlak hari santri mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS yang telah menerima silaturrahmi.

"Selain bersilaturrahmi dan sekaligus menyampaikan kesepakatan hasil rapat bersama seluruh pimpinan pondok pesantren akan dilaksanakan, Kamis (21/10), bertempat di nagara yaitu Gedung Olahraga Kecamatan Daha Selatan," katanya.

Dijelaskan dia, sebelum hari santri tersebut akan ada kegiatan lomba-lomba, salah satunya lomba Musabaqah Tilawatil Qutub untuk meningkatkan kualitas santri dalam membaca kitab kuning.

Dan pada tanggal 22 Oktober bertepatan dengan hari santrinya, seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten HSS akan melakukan kegiatan pembacaan Surah Yasin, Shalawat Kamilah dan doa bersama di pondok masing-masing.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan Insya Allah akan berhadir pada pelaksanaan Hari Santri Nasional, diharapkan pihak panitia maupun pondok pesantren untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Terapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan sediakan tempat cuci tangan dan sabun, kita juga berharap do'a dari para ustadz dan santri semoga wabah ini cepat berakhir,” katanya.

Menurut dia, hari santri tahun ini dengan tahun yang lalu suasana akan berbeda, dulu TGH M Ridwan Baseri (Guru Kapuh) dengan TGH. Ahmad Syairazi ulama yang dicintai mereka hadir bersama.

Tetapi tahun ini akan berbeda karena Guru Kapuh sudah mendahului, namun pihaknya mengingatkan jangan terlalu larut atas kehilangan beliau, mari bangkit dan lanjutkan bersama visi yang sudah dibangun beliau.

"Insya Allah melalui ikatan ataupun forum, komunikasi kita akan semakin meningkat antara pondok pesantren dengan Pemerintah Daerah," katanya.

Ditambahkan dia, komunikasikan apa yang diperlukan atau dibutuhkan pondok pesantren yang ada di HSS, jika Pemda dapat membantu pasti akan dibantu, juga akan menjembatani komunikasi pondok pesantren dengan pihak-pihak yang lain.

Turut hadir, Ustadz Fahmi, Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren HSS, dan Ustadz Jalalludin, Ketua Panitia Pelaksanaan Hari Santri dari Pondok Pesantren Darul Amin Daha Utara, serta Bagian Kesra Setda HSS.

Baca juga: Sumbangan ASN HSS untuk pembangunan Masjid Baiturrahim diserahkan

Baca juga: Pengurus baru DMI HSS diharapkan dukung penanganan COVID-19

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021