Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan Handy Heryudhitiawan memprediksi puncak arus mudik melalui bandara yang dikelolanya itu terjadi pada H-2 lebaran.


"Kami prediksi puncak arus mudik penumpang berangkat dari bandara ini menuju bandara lain terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (15/7)," ujarnya di Kota Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah penumpang pada puncak arus mudik diperkirakan mencapai 13.000 orang. Sedangkan jumlah penumpang normal sejak H-7 lebaran mencapai 6.000 orang.

Dijelaskan, meski pun diprediksi terjadi lonjakan penumpang sangat signifikan pada puncak arus mudik itu, tetapi penerbangan dipastikan tetap mampu melayaninya.

"Sejumlah maskapai sudah kami setujui menambah penerbangan ekstra sehingga meski jumlah penumpang naik signifikan tetapi tetap terlayani dan bisa diterbangkan," ucapnya.

Menurut dia, maskapai yang sudah disetujui menambah penerbangan yakni Lion Air, Citylink, Sriwijaya dan maskapai lain yang melayani rute regional seperti Susi Air.

"Jumlah penerbangan tambahan sesuai permintaan maskapai sebanyak 24 kali sehingga jika ditambah jadwal penerbangan normal 47 kali maka ada 71 kali penerbangan sehari," sebutnya.

Dikatakan, calon penumpang yang berdatangan ke bandara setempat mulai meningkat sejak H-7 atau Kamis. (9/7) dan disikapi dengan menyiapkan ruangan khusus bagi mereka.

"Kami menyiapkan ruangan khusus bagi calon penumpang yang tengah menunggu keberangkatan di bekas kantor lama sehingga tidak memenuhi terminal keberangkatan," kata dia.

Ditambahkan, pihaknya juga telah membuka posko pelayanan di area terminal kedatangan yang berfungsi melayani calon penumpang dalam memperoleh informasi penerbangan.

  "Posko ditempati tim terpadu yang siap memberikan informasi termasuk menjamin keamanan dan ketertiban di lingkungan bandara karena dijaga aparat keamanan," katanya.    

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015