Sejak dulu Posyandu dikenal sebagai tempat pelayanan kesehatan untuk masyarakat, khususnya bagi Ibu hamil, balita dan orangtua.

Posyandu memiliki peran penting dalam menurunkan angka kematian Ibu, angka kematian bayi dan balita.

 Di masa pandemi seperti sekarang kegiatan Posyandu sangat jarang dilakukan mengingat masih adanya ancaman penularan virus COVID-19.

Padahal masih ada masalah lain yang mengancam tumbuh kembang generasi penerus bangsa.

Stunting salah satunya, kasus ini masih menjadi masalah kesehatan yang turut mengintai anak-anak di nusantara.

Kurangnya gizi yang berkepanjangan mengakibatkan anak kesulitan bertumbuh hingga menjadi kerdil, tidak hanya sampai disitu kondisi itu pun turut mempengaruhi kemampuan berpikir anak.

Peduli  hal itu PT Tanjung Power Indonesia (TPI) salah satu anak perusahaan Adaro Power melanjutkan kegiatan Posyandu yang sempat terhenti sampai Mei 2021 karena tingginya tingkat penyebaran COVID-19 di Tabalong.

Kali ini TPI menyusun strategi yang tepat untuk tetap bisa menggelar kegiatan Posyandu, walaupun di tengah pandemi yang masih mengintai guna tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan pemberian gizi yang tepat bagi bayi dan balita di sekitar wilayah operasional.

 Upaya mewajibkan pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara intersif dan membatasi jumlah pengunjung Posyandu menjadi 25 orang adalah langkah yang diambil agar bisa meminimalisir resiko terinfeksi COVID-19.

Section Head CSR & External Relation PT. Tanjung Power Indonesia, Ikroman menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap bulan sekali dan melalui kader Posyandu kita memberikan pelayanan kesehatan bagi bayi dan balita berupa pemberian imunisasi, penimbangan bayi serta pemberian gizi dan susu.

“Pelayanan Posyandu bagi masyarakat sekitar merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung tumbuh kembang bayi dan balita di sekitar wilayah operasional perusahaan” ucapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan pelayanan ini tidak hanya terfokus pada bayi dan balita, namun juga memfasilitasi orang tua bayi apabila ingin mencek kadar kolestrol, gula darah dan penyakit tidak menular lainnya.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Pelayanan ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar, salah satunya Yeni warga Komplek Citra Tanjung Lestari mengaku senang dengan kehadiran Posyandu di wilayahnya, ia pun berharap kegiatan pelayanan kesehatan ini bisa rutin dilaksanakan walaupun di masa pandemi.

“Kami merasa terbantu dengan kehadiran Posyandu, karena anak-anak bisa kita pantau tumbuh kembangnya” ungkap Yeni.

 Guna mewujudkan harapan dari warga sekitar PT Tanjung Power Indonesia pun secara rutin akan menggelar kegiatan Posyandu di Komplek ASABRI Kelurahan Mabuun .

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu memberikan gizi terbaik untuk tumbuh kembang anak di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021