Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), H Muhammad Noor, mengikuti sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara daring untuk kabupaten atau kota se Indonesia.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), H. Nanang. FMN, di Kandangan, mengatakan SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan pengadministrasian serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat.

"Dan sebagai bahan pengambil keputusan dalam rangka perencanaan maupun pelaksanaan dan evaluasi daripada kinerja pemda, sistem informasi secara online memudahkan pengguna mengakses data di mana dan kapan saja," katanya, dalam keterangan, Rabu (29/9) kemarin.

Dijelaskan dia, kegiatan ini dilaksanakan Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, dalam rangka rencana penerapan SIPD Pendapatan.

Dalam sosialisasi disampaikan beberapa persoalan dan permasalahan, berkaitan dengan rencana penerapan tindak lanjut daerah menggunakan aplikasi di masing-masing daerah.

Untuk di Kabupaten HSS, sampai saat ini masih belum menerapkan secara murni SIPD pendapatan, hanya sampai perencanaan dan penganggaran.

"Untuk pendapatan belum dilaksanakan, karena fungsi dari SIPD yang diterapkan di Kabupaten HSS belum sepenuhnya bisa dipakai," katanya, dalam keterangan di Aula Media Center, Setda HSS.

Berkenaan dengan hal tersebut, pihaknya merencanakan akan segera mencoba menyelaraskan SIPD, sehingga di tahun 2022 secara murni bisa diterapkan di Kabupaten HSS.

Baca juga: Sekda HSS pimpin rapat tim penilai kinerja PNS

Baca juga: Kawal dana hibah rekrutmen bintara Polri bentuk perhatian bagi generasi muda

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021